Home Blog

10 Hari Terakhir Bulan Suci: Geliat Ibadah Dalam Bayangan Insecurity

0
Zulva Zannatin Aliya. Waketum Fatayat NU KTT
Zulva Zannatin Aliya. Waketum Fatayat NU KTT
Zulva Zannatin Aliya. Waketum Fatayat NU KTT
Zulva Zannatin Aliya. Waketum Fatayat NU KTT

Bulan Ramadhan adalah bulan yang mulia. Pada bulan ini tiap amalan dan ibadah yang dilakukan akan diganjar berkali-kali lipat oleh Gusti Allah. Ibarat siklus pasang surut air sungai, bulan ini seperti musim pasang air tinggi yang di dalamnya banyak terdapat ikan dan udang untuk dipanen. Sehingga tergantung dari bagaimana kita bisa memanfaatkan situasi tersebut untuk mendapatkan nikmat yang sebesar-besarnya. Tentu saja dalam diskursus Ramadhan, mencari nikmat berarti mencari berkah atas setiap nawaitu yang dilakukan. Lagi-lagi dasarnya adalah niat ya, gak usah membayangkan harus wirid ribuan kali baru mendapatkan berkah, lhawong kamu tidur di siang hari asalkan niatmu untuk menjaga dirimu dari ngomongin tetangga yang kemarin baru beli kulkas baru, itu sudah bernilai ibadah. Sampai sini sudah paham ya, bagaimana spesialnya bulan Ramadhan dari bulan-bulan yang lain.

Tapi ada yang ngerasa gak sih, kalau bulan Ramadhan tahun ini tuh cepet banget berlalu. Tiba-tiba aja udah masuk ke 10 hari terakhir. Nah, ternyata hari – hari di dalam Bulan Ramadhan juga memiliki keistimewaan tersendiri. Dalam hadis riwayat Al-Baihaqi disebutkan bahwa,

“awal bulan Ramadhan adalah rahmat pertengahannya adalah ampunan, sedangkan akhirnya adalah terbebas dari neraka.”

Ibarat tangga pencapaian, sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan adalah puncaknya perjuangan meraih ampunan Allah sehingga terbebas dari siksa neraka dan mampu mencapai fitrah (kembali ke nol ya) yang biasa kita rayakan dengan hari raya Idul Fitri, hari raya kemenangan bagi mereka yang telah berjuang melawan hawa nafsu di bulan Ramadhan.

Sebagai seorang pendosa, rasanya tak patut berbicara soal agama, pun memikirkan untuk kembali dan mendapat ampunan Allah saja biasanya kita takut, sudah merasa insecure duluan, apa iya setelah tercebur dalam lembah dosa dan nestapa, diri yang penuh hina ini masih pantas mendapatkan rahmat Tuhan? Rasa-rasanya memang tidak mungkin. Tapi itulah sebenar-benarnya bisikan setan, pikiran yang melemahkan hati dan perasaan. Padahal rahmat Allah SWT itu ada bagi siapa saja yang meminta-Nya. Sungguh, ketika kita mendatangi-Nya dengan berjalan, Dia akan menyambut kita dengan berlari. Sedalam apapun kamu jatuh, selalu ada tempat untuk bangkit dan kembali. Allah SWT menjamin itu.

Oleh karenanya, momen sepuluh hari terakhir Ramadhan ini kita maksimalkan untuk mendapatkan rahmat dan ampunan dari Allah SWT. Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah merubah skema berpikir dari yang negative oriented menuju optimistic oriented. Pikiran adalah ruang besar yang berisi kumpulan pengalaman, impian, harapan, tindakan, yang bergabung menjadi sebuah konstelasi yang saling tergantung satu sama lain. Otak (brain) adalah mahakarya Tuhan yang di dalamnya mampu memproses pikiran (mind), sehingga akhirnya mempengaruhi perilaku. Dalam pendekatan Psikologi Kognitif, proses berpikir pada akhirnya akan mempengaruhi proses sikap. Istilah “kognisi” digunakan untuk menunjukkan adanya “proses mental” –menerima, menggunakan, memanipulasi, dan mengalihkan informasi-  dalam diri seseorang sebelum melaksanakan tindakan. Berbeda dengan konsep perilaku “nature” dari Charles Darwin pada abad kesembilan belas yang menyatakan bahwa perilaku adalah bawaan instink biologis atau keturunan,  pendekatan kognitif meyakini bahwa sumber dari perilaku adalah adanya proses skema berpikir yang diperoleh dari lingkungan eksternal, atau “nurture”.

Meyakini bahwa banyak hal baik di sekitar kita, termasuk meyakini ampunan Allah itu ada bagi mereka yang memintanya adalah geliat hasil berpikir positif yang dapat mempengaruhi perilaku. Lihat saja, banyak pemuda-pemudi yang saat ini sedang gandrung “hijrah”, adalah bentuk nyata bahwa langkah kebaikan itu bisa dilaksanakan siapa saja, bahkan oleh pendosa sekalipun. Walau tidak sepenuhnya saya setuju dengan konsep hijrah para hijrahers, tapi keinginan untuk berpikir positif, meyakinkan diri bahwa menjadi lebih baik adalah keniscayaan bagi siapapun, adalah satu hal yang patut diapresiasi. Maka, jangan sungkan ya gaes untuk memohon ampunan-Nya. Bulan Ramadhan adalah momen terbaik untuk mendapatkan itu.

Hal kedua setelah pengalihan pikiran adalah mulai melaksanakan perintah ibadah-Nya. Amalan-amalan sunnah selain ibadah wajib yang dapat dilakukan disepuluh hari terakhir Ramadhan adalah sebagai berikut;

1 Tadarus Al-Qur’an
Tadarus Al-Qur’an

Tadarus Al-Qur’an

Sudah menjadi lumrah, sesuatu yang kita tidak kuasai maka kita jadi malas untuk melakukannya. Seringkali saya minder melihat teman-teman lain mampu melantunkan ayat-ayat Al-Qur’an dengan merdu nan indah, nyaman di telinga. Sementara saya, untuk menghabiskan satu ayat Al-Fatihah saja harus kepotong-potong karena kehabisan nafas. Belajar memang tidak mudah, mengumpulkan nawaitu untuk tetap membaca ditengah kemalasan karena ketidaklihaian adalah sesuatu yang patut diapresiasi, bahkan termasuk ibadah. Ingat nasihat Imam Syafi’I berikut kepada para pembelajar,

Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan.”

Oleh karena nya, jangan pernah berhenti belajar. Bahkan ketika kita merasa bacaan Al-Qur’an kita belepotan, tapi itu bukan alasan untuk tidak membacanya sama sekali. Mari jaga semangat, untuk tetap belajar.

2 Memperbanyak Sedekah
Memperbanyak Sedekah

Memperbanyak Sedekah

Bagi teman-teman yang sedang berumur 25 – 30 tahun saat ini mungkin sedang berada pada fase “Quarter-Life Crisis” , sebuah kondisi dimana kita gamang atas arah hidup kita. Alhasil, mungkin kita belum memiliki pekerjaan yang nyaman, bisa jadi juga kita sedang dihadapkan dengan pilihan jodoh yang sulit, atau memiliki keinginan yang tidak didukung siapapun. Sehingga menyebabkan kita berada di persimpangan jalan, rapuh, dan feeling useless. Ingin berguna bagi orang-orang, tapi tak mampu. Kondisi ini juga bukan alasan untuk kita tidak bersedekah ya gaes. Sedekah tidak harus dengan harta benda atau sumbangan uang yang banyak macamnya. Sedekah bisa dilakukan dengan bagaimana cara kita menghargai orang lain, membantu orang-orang yang membutuhkan dengan tenaga misalnya. Bahkan secara sederhana, menyapa orang dengan tersenyum adalah termasuk ibadah. Karena senyuman yang tulus mampu mengalahkan perkataan yang halus.

3 Memperbanyak Berdoa
Memperbanyak Berdoa

Memperbanyak Doa

Berkatalah yang baik, karena setiap ucapan adalah doa. Mungkin teman-teman pernah mendengar adagium ini, dan memang benar. Perbanyaklah berkata-kata baik, karena disitu berarti kita juga telah memperbanyak doa. Seringkali orang minder dengan doanya sendiri. Seolah merasa tidak layak untuk meminta sesuatu, sementara ia sendiri selalu berbuat keburukan, tak pernah menjalankan perintah Allah SWT. Cak Nun dalam ceramahnya pernah berkata bahwa kita adalah makhluk yang Allah ciptakan, ia beri akal dan seluruh panca indera sehingga menempatkan manusia sebagai makhluk sempurna. Kita adalah hasil ciptaan-Nya. Meminta kepada Sang Pencipta adalah suatu bentuk upaya untuk mendekatkan diri dengan Allah SWT. Walaupun sesungguhnya Allah SWT itu tidak jauh, ia ada dalam hati setiap umat yang meyakini-Nya. Maka jangan jadi hamba yang sombong, mendekatlah dan berdoa, sampaikan semua keluh kesahmu kepada Allah SWT. Sungguh sebaik-baiknya tempat curhat adalah antara dagu dan sajadah. Sedekat itu.

Demikian beberapa amalan yang dapat dilakukan di malam sepuluh hari terakhir Ramadhan. Tentu saja masih banyak hal lain yang bisa dilakukan seperti memperbanyak sholat malam, berdzikir, dan beriktikaf di Masjid. Semuanya adalah ibadah yang dapat mendekatkan diri kita kepada Allah SWT. Sebagai sesama insan yang penuh dosa, di Bulan Ramadhan ini jangan menyerah untuk mengetuk pintu taubat. Bukan menjadi sok suci, tapi jalan menuju kebaikan memang penuh terjal dan aral melintang. Lewati itu, dan keluarlah menjadi pribadi yang baru. Semoga kita masih diberikan panjang umur untuk bertemu lagi di bulan Ramadhan tahun depan.

Wassalam…

Menjadi Sehat Hanya Dari Website ? Kenapa Tidak ? SehatQ.com

0
SehatQ.com Toko Online
SehatQ.com Toko Online

Apa kabar semua teman-teman di rumah ? Sudah bagaimana keadaan kalian selama karantina diri dari rumah ? Atau kalian yang keluar rumah dengan mengemban tanggung jawab keluarga kecil untuk menafkahi ? Atau para perantau yang rela untuk tidak mudik demi menjaga kesehatan keluarga di kampung halaman. Semoga sehat semua tanpa tapi dan terus menjaga diri sampai berlalunya pandemi ini.

SehatQ.com Ensiklopedia Kesehatan Lengkap
SehatQ.com Ensiklopedia Kesehatan Lengkap

Trend work from home disertai dengan tagar #DiRumahAja sudah menjadi hal yang ramai diperbincangkan tiap harinya, menghabiskan waktu di rumah dengan bekerja maupun lebih mengikatkan tali silaturahmi di masing-masing keluarga. Semua yang biasanya hampir 90% dilakukan di luar rumah, saat ini mulai dikurangi intensitas berkegiatannya menjadi di dalam rumah, ya untuk apalagi selain untuk sama-sama saling menjaga diri.

Di beberapa akun sosmed, mulai menghadirkan beragam konten-konten yang bisa kita coba dari rumah. Selain wadah untuk mengisi waktu, juga bisa menambah wawasan. Dari mulai tutorial membuat masker sederhana, resep masakan, tips olahraga, make up, berbagi video-video lucu maupun informasi kesehatan lainnya yang bisa diakses dengan mudah melalui gawai kalian.

SehatQ.com Ensiklopedia Kesehatan Online

Sampai ketika browsing mengenai penyebaran ramai pandemi Covid-19 ini, saya menemukan situs SehatQ.com yang kalau saya boleh menyimpulkan, ini merupakan ensiklopedia kesehatan online. Bagaimana tidak ? Saat ini sudah ada setidaknya tercatat ada sebanyak 1.144 direktori definisi penyakit, 6.342 artikel kesehatan pola hidup, 27.263 direktori tenaga kesehatan untuk konsultasi dan 2.916 list fasilitas kesehatan yang sudah bekerja sama dengan SehatQ.

SehatQ.com Artikel Kesehatan
SehatQ.com Artikel Kesehatan
SehatQ.com Diskusi Kesehatan
SehatQ.com Diskusi Kesehatan

Untuk artikel kesehatan mengenai pola hidup juga dengan mudahnya saya dapatkan dari navigasi website ini, kumpulan Tag SehatQ yang rapih terstruktur membuat saya merasa sangat cukup ketika mencari hal yang dibutuhkan, misal saat Covid-19 dari mulai artikel pengetahuan sampai diskusi terkait virus Corona tersaji dengan baik.

Direktori Fasilitas Kesehatan Lengkap dan Layanan Konsultasi

SehatQ.com Direktori Fasilitas Kesehatan
SehatQ.com Direktori Fasilitas Kesehatan

Sebelumnya ada saya singgung mengenai 2.916 list fasilitas kesehatan yang sudah bekerja sama dengan SehatQ, saya iseng mencoba mencari untuk di daerah saya yang lumayan jauh yaitu di ujung pulau Kalimantan Utara, di daerah Tarakan apakah tersedia juga atau tidak. Dan hasilnya, muncul satu fasilitas kesehatan yang memang benar berada di kota saya, Tarakan. Berarti memang terbukti, untuk list fasilitas kesehatan ini cukup membantu kita dalam memenuhi kebutuhan bukan hanya sekedar list tertulis saja.

Forum dan Lapak Toko Online

SehatQ.com Toko Online
SehatQ.com Toko Online

Selain berfokus pada artikel, direktori pelayanan fasilitas kesehatan, konsultasi dokter juga tersedia laman jualan online yang berisikan banyak daftar produk obat-obatan ataupun alat kesehatan yang dapat dengan mudah dicari melalui laman ini. Ditambah lagi dengan adanya forum membuat website ini menjadi salah satu alasan kenapa kalian meski menjadikan web ini rujukan dalam mencari informasi kesehatan.

Tersedia di Android dan AppStore

Selain merambah di platform website, ternyata juga sudah tersedia di platform berbasis aplikasi baik OS Android maupun iOS. Tidak dipungkiri juga, dengan hadirnya di aplikasi gawai populer ini menjadikan web ini benar-benar menargetkan semua kalangan untuk lebih peduli terhadap kesehatannya. Tidak ada alasan untuk sulit mencari rujukan, kurang apa coba kalau kalian menyimak apa yang sudah saya coba bahas di atas ? Dari website yang berisi artikel, direktori faskes, layanan konsultasi, toko online dan sudah tersedia di layanan aplikasi dua OS yang populer saat ini, Android dan iOs, cukup mencari dengan keyword SehatQ lalu install aplikasinya. Coba saja sekarang, kapan lagi kan ???

Yuk Intip Cara Sehat Makan Di Hari Raya

0

Setelah sebulan penuh melaksanakan ibadah tentu hal yang paling ditunggu adalah hari raya Idul Fitri atau lebaran. Biasanya, saat lebaran selalu identik dengan berbagai hidangan khas seperti misalnya opor ayam, sambal goreng, rendang, kue-kue, serta minuman manis yang menggugah selera. Tapi Anda pun juga harus menyimak tips makan sehat saat lebaran yang penting.

Bukan tanpa alasan, pasalnya saat lebaran ini adalah momen yang tepat untuk menyantap berbagai makanan tersebut bersama keluarga. Sehingga, terkadang memang membuat Anda kalap dan memakan semuanya secara berlebihan. Padahal, saat lebaran pun penting untuk Anda mengetahui info selengkapnya seputar makan sehat yang bisa dilakukan walaupun lebaran.

Tips makan sehat saat lebaran yang dapat Anda coba adalah menghindari makanan yang mengandung gula berlebih. Pasalnya, jika Anda terlalu berlebihan mengonsumsi makanan yang banyak mengandung gula dapat menyebabkan sakit perut serta menaikkan kadar gula darah sehingga dapat menyebabkan diabetes yang berbahaya untuk kesehatan tubuh Anda nantinya.

Lalu, pastikan Anda juga mengonsumsi sayuran setelah sebulan penuh berpuasa. Dengan makan sayur saat lebaran ini, akan memberi tubuh Anda asupan vitamin dan mineral penting yang mungkin tidak Anda dapatkan saat puasa. Selain itu, usahakan juga Anda mengonsumsi buah untuk menetralisir lemak dari makanan bersantan yang tersaji saat lebaran tiba.

Hal yang tak kalah penting untuk Anda perhatikan selanjutnya adalah perbanyak minum air putih. Meski saat lebaran ada banyak minuman manis dan segar, tapi air putih tidak boleh Anda lewatkan. Hal ini agar tubuh Anda tetap terhidrasi dengan baik dan asupan mineral dari air putih ini dapat terpenuhi dengan baik dan maksimal di dalam tubuh Anda.

Anda pun dapat menyimak makanan sehat yang dapat dimakan saat lebaran melalui internet. Pastikan Anda menggunakan Smartfren agar mendapatkan akses internet super cepat karena Smartfren menawarkan jaringan super 4G LTE. Jadi, Anda pun tetap dapat browsing untuk mencari makanan sehat yang cocok disantap meskipun saat sedang lebaran.

Varian Coklat Terbaik yang Bisa Diberikan Sebagai Hadiah Valentine

0
Ilustrasi Coklat
Ilustrasi Coklat

Coklat memiliki banyak rasa dan varian tampilan yang karakteristiknya memang berbeda-beda, hal ini dapat disesuaikan dengan selera konsumen sendiri dalam membelinya. Makanan manis yang satu ini memang begitu banyak penggemarnya. Karena dengan mengonsumsi cokelat memang memberikan banyak sekali manfaat, tidak heran jika seandainya sangat disukai. Bahkan kerap kali dijadikan sebagai hadiah di moment-moment penting, sebut saja diantaranya adalah perayaan Valentine atau hari kasih sayang.

Berikut ini diantaranya beberapa varian atau jenis coklat istimewa yang bisa Anda jadikan sebagai hadiah pada saat valentine, yaitu:

Ilustrasi Coklat
Ilustrasi Coklat
  1. Dark chocolate, jenis yang satu ini memang paling populer dibandingkan dengan yang lainnya. karena memiliki kakao yang tinggi sehingga rasanya cenderung pahit, namun kerap kali membuat ketagihan, Anda bisa menambahkan dengan sedikit gula maupun susu untuk pembuatan cokelat yang enak.
  2. Semi sweet chocolate, jenis yang juga begitu disukai, khususnya untuk dikonsumsi secara langsung, karena memang rasanya tidak terlalu manis, karena sudah ditambah dengan gula yang presentasinya sekitar 40 persen dari cokelat tersebut.
  3. Milk chocolate, ini adalah salah satu favorit anak-anak, karena rasanya memang manis dan juga cenderung creamy. Sangat mudah untuk dijumpai di pasaran dalam beragam jenis varian. Cocok untuk dijadikan sebagai hadiah Valentine.
  4. White chocolate, bagi Anda yang ingin cokelat dengan tampilan tidak terlalu mainstream ada baiknya membeli produk yang satu ini, karena dari segi warnanya sendiri adalah putih. Ia mengandung setidaknya 20 persen cocoa butter dan ditambah dengan bahan lain seperti susu, krim dan juga gula.
  5. Conventure chocolate, jenis yang satu ini sangatlah lembut dan nikmat karena memang dicampur dengan bahan-bahan lain seperti vanili, gula dan juga lesitin dengan lemak cokelat itu sendiri.

Selain pemberian dalam bentuk langsung, maka Anda juga dapat mengolahnya menjadi beragam jenis hidangan, mulai diantaranya adalah kue dan juga permen. Beli harga coklat lebih mudah bahan pembuatannya lewat Tokowahab.com, langsung saja kunjungi situs resminya.

Air Mineral dan Cairan Dalam Tubuh

0
Air Mineral dan Cairan Dalam Tubuh

Tubuh manusia sangat membutuhkan cairan di dalam tubuhnya. Cairan dalam tubuh manusia bahkan mencapai lebih dari 50% sehingga membuatnya jadi salah satu elemen penting bagi tubuh kita. Untuk itu, kita perlu menjaga betul kadar cairan dalam tubuh dengan cara rutin minum air.

Air Mineral dan Cairan Dalam Tubuh

Air mineral atau kerap kali disebut air putih merupakan salah satu pilihan Air mineral berkualitas yang perlu diperhatikan betul konsumsinya sehari-hari. Anda bahkan sebaiknya juga membuat jadwal minum air mineral agar lebih teratur dan tidak kekurangan cairan setiap harinya. Tapi, mengapa air mineral dirasa begitu penting bagi tubuh manusia? Sebelum mengetahui alasannya, kunjungi dulu laman Bijak Berplastik berikut sehataqua.co.id.

Membantu program diet

Untuk mendukung program diet, air mineral bisa menjadi salah satu senjata ampuh untuk mendapatkan bentuk tubuh yang ideal. Anda bisa minum air mineral sebagai pengganti makanan saat jam-jam tertentu. Sebab, seringkali kita merasakan lapar meski sebetulnya hanya merasakan haus saja. Dengan mengonsumsi air mineral, Anda tidak perlu khawatir mendapatkan kalori dan lemak yang bisa membuat berat badan meningkat cepat.

Menjaga kesehatan kulit

Kulit merupakan bagian penting yang perlu dirawat. Kulit yang sehat akan membuat Anda terlihat lebih menarik dan terlihat pandai merawat tubuh. Perawatan kulit bisa dilakukan dengan berbagai macam cara, mulai dari menggunakan produk skincare sampai melindungi kulit dari radikal bebas. Tapi, tidak hanya dari luar saja, kesehatan kulit juga bisa dijaga dari dalam dengan cara minum air mineral.

Rutin mengkonsumsi air mineral bisa menjadi cara alami untuk menjaga kesehatan kulit tubuh kita. Karena, air bisa membantu menjaga kelembaban kulit sehingga membuat kulit terlihat lebih segar dan sehat. Selain itu, minum air mineral secara rutin juga tidak menimbulkan efek samping sehingga bisa menjadi solusi yang jitu untuk menjaga kesehatan kulit.

Rutin mengkonsumsi air mineral dengan mengikuti Jadwal minum air putih yang baik merupakan cara terbaik agar tubuh kita berada dalam kondisi yang sehat dan prima. Pilihlah merek air mineral berkualitas yang telah terpercaya seperti AQUA. Sehingga, Anda bisa memiliki tubuh yang lebih sehat dengan air mineral kualitas terbaik.

Pentingnya Khasiat Daun Sirih Untuk Kesehatan Mulut

0
Daun Sirih
Daun Sirih
Daun Sirih
Daun Sirih

Daun sirih yang identik bersisik bagian permukannya, berbentuk hati, berwarna hijau dan sering dikunyah oleh orang-orang tua ternyata memiliki kandungan yang sangat berkhasiat untuk kesehatan. Khasiat daun sirih, khususnya untuk kesehatan organ tubuh bagian mulut, baik untuk menghilangkan bau mulut maupun kesehatan gigi. Tak jarang daun sirih juga dipakai sebagai salah satu bahan campuran dalam pembuatan pasta gigi.

Tanaman yang tumbuh di Indonesia ini mempunyai banyak kandungan vitamin seperti vitamin C, tiamin, niasin, riboflavin, dan karoten yang digunakan untuk pemeliharaan kesehatan. Selain itu, tanaman yang bernama ilmiah piper betle ini juga mengandung mengandung minyak atsiri dan komponen kimiawi seperti minyak sirih dan chavicol, betelphenol, eugenol, terpene, campene yang sering dijadikan sebagai campuran obat.

Untuk meningkatkan kesehatan mulut
, orang tua jaman dahulu menggunakan daun sirih sebagai obat alami untuk menjaga kesehatan mulut seperti menjaga mulut tetap segar maupun menghindari perkembangan bakteri yang dapat menyebabkan karies dan infeksi pada gigi. Apalagi ketika sering mengkonsumsi makanan atau minuman dengan kandungan gula yang tinggi asam akan bereaksi dengan bakteri yang ada dalam biofilm gigi, khasiat daun sirih mampu menghambat produksi asam dalam timbulnya karies pada gigi.

Ilustrasi Bau Mulut
Ilustrasi Bau Mulut

Khasiat daun sirih lainnya untuk kesehatan mulut yaitu mengurangi bau mulut. Dengan seringnya kita mengkonsumsi makanan/minuman, tentunya masih ada sisa-sisa makanan yang tertinggal pada celah gigi terutama pada gigi berlubang. Sisa makanan tersebut yang menjadikan aroma mulut menjadi kurang segar. Dengan kandungan minyak atsiri yang beraroma segar dan wangi pada daun sirih, menjadikan daun ini sebagai salah satu cara mengatasi bau mulut yang tidak sedap.

Official Social Media

995FansLike
205FollowersFollow
599FollowersFollow
343FollowersFollow
7SubscribersSubscribe

Artikel Baru