Amankan Natal dan Tahun Baru, Polres Turunkan 2/3 Kekuatan

0
397
Ilustrasi (liputan6.com)
Ilustrasi (liputan6.com)

MBNews, Tarakan – Untuk mengantisipasi gangguan ketertiban dan keamanan jelang natal dan tahun baru, Polres Tarakan siapkan 2/3 kekuatan atau setara dengan 350 Personil kepolisian. hal itu diungkapkan Kapolres Tarakan AKBP Syarif Rahman saat upacara gelar pasukan dalam rangka operasi lilin Mahakam 2014 dihalaman Polres Tarakan,Selasa (23/12/2014).

Syarif Rahman mengatakan, sasaran pengamanan dalam operasi lilin Mahakam 2014 yakni rumah ibadah khususnya gereja, pelabuhan, bandara , pusat keramaian dan tempat rekreasi seperti pantai amal.

“Selain rumah ibadah, tempat keramaian juga menjadi sasaran pengamanan dalam operasi lilin Mahakam.” Jelas Syarif Rahman.

Lanjut Syarif, untuk pengamanan gereja aparat kepolisian yang disiagakan 2 orang, dan nanti ada satu atau dua gereja yang disterilisasi oleh tim penjinak bom (jibom) dari brimob Detasemen C pelopor Tarakan. Sterilisasi yang dilakukan oleh tim jibom tidak menggunakan anjing pelacak melainkan hanya menggunakan metal detector serta miror detector.

“Gereja di Tarakan ada sekitar 30, masing masing gereja dijaga oleh 2 orang petugas kepolisian selama peribadatan berlangsung, namun sehari sebelum ibadat digelar ada 1 atau 2 gereja besar yang nantinya disterilisasi oleh tim jibom.” Tegasnya.

Dalam operasi lilin Mahakam 2014, Polres Tarakan juga dibantu oleh aparat TNI, Satpol PP, Palang Merah Indonesia (PMI), Dinas Perhubungan (Dishub). Selain itu Kapolres Tarakan AKBP Syarif Rahman juga meminta masyarakat  ikut menjaga ketertiban dan keamanan selama pelaksanaan Natal hingga malam pergantian tahun 2014/2015. (run)