Antisipasi Krisis Air Bersih, PDAM Rencanakan Bangun Reservoir

0
598
Ilustrasi (google.com)
Ilustrasi (google.com)
Ilustrasi (google.com)

MBNews,Tarakan-Melihat kondisi debit air yang ada masing-masing embung setiap tahunnya cenderung semkin menipis, membuat Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Alam Tarakan berencana akan membangun reservoir (wadah penampungan air,red) di beberapa kelurahan. Langkah ini sebagai upaya antisipasi PDAM agar kedepannya kota Tarakan tidak kekurangan air bersih.

Direktur PDAM Tirta Alam Tarakan Agus Adnan Menjelaskan kondisi cuaca Tarakan yang tidak menentu mengakibatkan sumber air di embung cenderung kritis. Tentunya dengan pembangunan reservoir dikelurahan bisa meminimalisir hal yang tidak diinginkan nantinya

“untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan, sudah sebaiknya dibangun reservoir ditiap kelurahan, sehingga saat kita bisa memproduksi sebanyak-banyaknya air, kita jugamenampung sebanyak-banyaknya air di penampungan, biar cadangan air bersih itu tersedia.”kata Agus Adnan, Minggu (19/10/2014)

Saat ini PDAM sendiri tengah meninjau dan merencanakan untuk membangun reservoir di beberapa lokasi. Karena menurut Agus dalam tahap perencanaan yang harus diatur adalah berapa debit air masuk dan berapa reservoir yang harus disiapkan,sehingga kapasitas air tetp terjaga.

“Buat apa kita bangun reservoir besar sementara debitnya tidak cukup,” Ungkapnya.

Ketika ditanya lokasi mana saja yang saat ini ditinjau PDAM untuk dibangun reservoir, Agus Adnan belum mau membeberkannya. Dia hanya berkata yang pasti kegiatan itu dilakukan menyebar,dan pastinya di lokasi-lokasi itu sudah ada jaringn pipa PDAM.

“jadi mohon maaf saya belum bisa nyampaikan dimana saja titik-titik lokasinya, saat ini kami sudah meninjau 6 tempat yang dimungkinkan layak untuk dibangun reservoir itu,”pungkas Agus. (ny/run)