Dikira Tabung Gas Meledak, Ternyata Gardu Listrik PLN

0
889
Warga Aki Balak di Hebohkan Dengan Meledaknya Gardu Listrik PLN, Awalnya Dikira Tabung Gas 3 Kg Yang Meledak (nur)
Warga Aki Balak di Hebohkan Dengan Meledaknya Gardu Listrik  PLN, Awalnya Dikira Tabung Gas 3 Kg Yang Meledak (nur)
Warga Aki Balak di Hebohkan Dengan Meledaknya Gardu Listrik PLN, Awalnya Dikira Tabung Gas 3 Kg Yang Meledak (nur)

MBNews, Tarakan – Warga Jalan Aki Balak RT 19 dihebohkan dengan bunyi ledakan yang cukup keras dari sebuah gardu listri milik PLN Tarakan, Sabtu (23/5/2015), Puku 18.55 wita. Akibat meledaknya gardu tersebut, membuat listrik di Kota Tarakan padam sesaat.

Hamdan, warga jalan aki balak RT 19, yang melihat langsung proses meledak gardu tersebut mengatakan, awalnya beberapa warga melihat api di kabel listrik bagian atas gardu, tidak berapa lama terdengar ledakan yang cukup keras, dan setelah itu listrik padam.

“Ada api diatas tepatnya pada kabel bagian atas, setelah itu seperti kembang api dan meledak,” ucap Hamdan.

Bahkan dikarenakan bunyi ledakan yang cukup keras, beberapa warga mengira ada tabung liquified petroleum gas (LPG) 3 Kilogram (Kg) yang meledak, sehingga warga berhamburan ke lokasi tepat meledaknya gardu milik PLN.

“Kami pikir ada tabung gas meledak, khawatir kalau terjadi kebakaran, makanya warga langsung keluar rumah untuk memastikan asal bunyi ledakan tersebut,” ungkap Sakir, yang tinggal tidak jauh dari gardu PLN.

Antisipasi terjadinya musibah kebakaran di sekitar gardu tersebut, seorang petugas PLN yang ditelpon warga, segera melakukan pengecekan langsung ke gardu listrik. Selain itu, terlihat beberapa aparat kepolisian mengatur arus lalu lintas disekitar jalan aki balak, karena banyak warga dan pengguna kendaraan menonton gardu listrik yang meledak.

Berdasarkan informasi dari petugas PLN, gardu listrik yang meledak memiliki daya 200 Kilo Volt Ampere (kVA), sedangkan suara ledakan yang didengar warga setempat, dihasilkan dari korsleting (kelebihan muatan listrik atau suatu hubungan arus pendek), sehingga sekering (fuse) panas dan meledak. (nur)