DPUTR : 45 Milyard Lanjutan Pembangunan Ring Road Binalatung

0
630
Kondisi Jalan Binalatung (amal Baru) semakin parah, dan rencananya Proyek Pengerjaan Jalan Ring Road Juata - Binalatung Akan dikerjakan Tahun Ini
Kondisi Jalan Binalatung (amal Baru) semakin parah, dan rencananya Proyek Pengerjaan Jalan Ring Road Juata - Binalatung Akan dikerjakan Tahun Ini
Kondisi Jalan Binalatung (amal Baru) semakin parah, dan rencananya Proyek Pengerjaan Jalan Ring Road Juata – Binalatung Akan dikerjakan Tahun Ini

MBNews,Tarakan – Pemerintah kota Tarakan akan menggelontorkan dana sebanyak 45 milyar untuk membangun jalan ring road yang menghubungkan antara Binalatung -Juata Laut. Hal ini disampaikan langsung oleh kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Muhamad Haidir,ST Kepada MBNews.com, Selasa (20/1/ 2015).

Haidir menjelaskan proyek ring road merupakan salah satu proyek multiyears akan segera dikerjakan, mengingat pemerintah telah mengalokasikan dana sebesar 45 Milyar yang berasal dari dana Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Tahun 2015 untuk pembangunan jalan tersebut.

“Kita sudah menyiapkan anggaran sekitar 45 milyard yang sumbernya dari dana APBD,jadi insya allah di tahun 2015 ini proyek jalan ring road itu sudah bisa dijalankan,”kata Haidir dengan penuh rasa optimis.

Sebelumnya banyak warga Bialatung mengeluh akibat jalan ini yang rusak parah. Bahkan tidak jarang banyak mobil yang amblas apabila melewati jalan tersebut dikarenakan kondisi median jalan yang berlubang disertai dengan lumpur.

Meski telah dianggarkan oleh pemerintah, Haidir mengaku masih ada persoalan lain yang sepertinya akan menghambat jalannya proses pengerjaan pembangunan jalan ring road di Binalatung kelurahan Pantai Amal ini, yaitu persoalan lahan yang masih tarik ulur antara pemerintah kota dengan TNI AL. Namun Haidir meyakini bahwa pemkot bisa segera menyelesaikan persoalan ini sehingga proses pembangunan akan tetap berjalan sesuai dengan target yang sudah direncanakan.

“Mudah-mudahan pemerintah bisa secepatnya menyelesaikan persoalan ini.Tapi yang pasti pembangunan ring road ini memang menjadi target kami.Jadi kalau masalah itu sudah ada lampu hijau kami langsung bekerja,”ujar Haidir.

Bahkan untuk melancarkan realisasi pembangunan ring road ini rencananya Walikota Tarakan Ir.Sofian Raga,M.Si akan melakukan lobi ke pusat untuk meminta dana dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN). Hal ini dikarenakan melihat perencanaan awal pembangunan jalan ring road, menelan anggaran hingga sekitar Rp. 1 triliun lebih.

“Kalau dana dari APBN yang kami ajukan itu tembus kemungkinan jalan itu akan selesai 100 persen mulai dari pengerasan jalan hingga pengaspalan.Tapi kalau hanya menggunakan dana APBD yang 45 Milyar itu kami utamakan melakukan pengaspalan di dua kelurahan yang menghubungkan jalan ini yaitu Binalatung dan Juata Laut,”Tegas Haidir (mei/run)