Hiswanamigas Usulkan Kenaikan HET Tabung Gas Elpiji 3 Kg

0
444
Ilustrasi (industri.kontan.co.id)
Ilustrasi (industri.kontan.co.id)
Ilustrasi (industri.kontan.co.id)

MBNews, Tarakan – Adanya kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM) yang telah ditetapkan oleh Presiden RI Joko Widodo, secara langsung berdampak kepada rencana penyesuaian Harga Eceran Tertinggi (HET) tabung gas elpiji 3 kilogram, hal itu sesuai dengan usulan dari Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas (Hiswanamigas) yang menginginkan pemerintah kota mempertimbangkan kembali harga HET tabung gas 3 kilogram yang saat ini hanya dilevel harga Rp.15.500.

Kasi Perlindungan Konsumen Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (Disperindakop dan UMKM) Tarakan Romli mengatakan, 3 agen yang memasarkan tabung gas elpiji 3 kilogram yakni Tarakan mitra andalan, Karina utama, Warga migas nusantara melalui Hiswanamigas sudah melayangkan surat yang intinya agar ada kenaikan harga HET elpiji 3 Kilogram.

“Usulan yang diinginkan yakni adanya kenaikan HET tabung gas 3 kilogram dari Rp.15.500 menjadi Rp.18.000.” Ungkap Romli, Senin (8/12/2014).

Adapun yang menjadi dasar pertimbangan para agen tersebut terhadap penyesuaian HET yakni pasca kenaikan BBM dampaknya cukup dirasakan khususnya biaya angkut tabung gas tersebut dari Depo Pertamin menuju gudang yang dimiliki agen hingga kepada penyaluran tabung gas 3 kilogram kepangkalan.

“Ada beberapa dasa pertimbangan dari agen untuk menaikan HET, namun sebelumitu dilakukan tentunya harus melalui mekanisme rapat, dari rapat tersebut pemerintah kota nantinya menyetujui atau tidak usulan kenaikan HET tabung gas elpiji 3 kilogram.” Jelasnya.

Walaupun saat ini pemerintah kota dalam hal ini Disperindakop belum menggelar rapat membahas usulan kenaikan HET tabung gas 3 kilogram, namum fakta yang terjadi dilapangan harga tabung gas tersebut diatas HET yang telah ditetapkan oleh pemerintah kota yang saat ini sebesar Rp15.500.

“Faktanya tabung gas harganya saat ini antara Rp. 17.000 hingga Rp.18.000 padahal pemerintah belum menetapkan kenaikan harga eceran tabung gas elpiji 3 kilogram, namun hal tersebut masih ditolerir sampai adanya ketetapan kenaikan HET.” Tuntas Romli (run)