Jelang Idul Adha Penjualan Hewan Kurban Meningkat

0
491
Ilustrasi (jakarta.bisnis.com)
Ilustrasi (jakarta.bisnis.com)
Ilustrasi (jakarta.bisnis.com)
Ilustrasi (jakarta.bisnis.com)

MBNews, Tarakan – Jelang Hari Raya Idul Adha 1435 Hijriyah/2014 Masehi, Dinas Peternakan dan Tanaman Pangan (Disnaktan) tarakan melakukan pendataan hewan kurban baik itu sapi maupun kambing disejumlah pedagang, peternak, penjagal serta pengusaha hewan kurban

Kepala Seksi Penyuluhan bina usaha Disnaktan Tarakan Sugeng, Sabtu (13/09/2014) mengatakan, pendataan yang dilakukan oleh Disnaktan tidak lain untuk mengetahui peningkatan jumlah hewan kurban yang dijual setiap medekati Idul Adha atau hari raya kurban.

“Menjelang hari raya Idul Adha, Disnaktan telah melakukan pendataan ke sejumlah peternak, pejagal dan pengusaha hewan qurban, dengan data yang kita himpun, maka dapat diketahui apakah ada peningkatan permintaan hewan kurban, atau tidak ada peningkatan alias sama seperti Idul Adha yang lalu.” Jelas Sugeng.

Berdasarkan data yang telah dihimpun oleh Disnaktan terjadi peningkatan penjualan hewan kurban pada tahun ini dibandingkan tahun 2013. Pada tahun ini jumlah sapi yang dijual ada sebanyak 984 ekor, kambing ada 438 ekor. Sedangkan pada tahun 2013, jumlah sapi kurban ada 846 ekor, kambing 279 ekor.

“Setiap tahunnya hewan kurban mengalami peningkatan, begitu juga dengan harga jual hewan kurban setiap Idul Adha terjadi peningkatan 15% atau sekitar Rp. 250.000 dari harga yang dipatok Rp. 12 juta perekornya.” (CTR/RUN)