Layanan VOA Diyakinkan Dongkrak Kunjungan Wisatawan Asing

0
453
Ilustrasi (thebalidriver.com)
Ilustrasi (thebalidriver.com)
Ilustrasi (thebalidriver.com)

MBNews, Tarakan – Sebagai daerah yang berada diperbatasan antara Malaysia, Filipina, dan Brunei Darusallam. Tarakan termasuk beruntung, karena secara tidak langsung potensi wisata yang ada di pulau penghasil minyak ini mampu menjadi nilai jual untuk menjaring wisatawan mancanegara agar mau berkunjung ketarakan.

Namun sayangnya walaupun memiliki segudang potensi wisata yang memiliki daya jual kepada wisatawan, Tarakan masih memiliki kelemahan dalam membuka kran (pintu masuk,red) bagi wisatawan khususnya bagi mereka yang tidak memiliki visa kunjungan ke Tarakan.

Melihat Hal itu, Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Hamid Amren, S.E, mengupayakan bagaimana Visa On Arrival (VOA) bisa dibuka di Bandara Kelas 1 Khusus Juawata Tarakan. Dengan adanya VOA tersebut parawisatawan mancanegara yang tidak sempat mengurus visa kedatangan ke kota Tarakan, bisa langsung mengurusnya dibandara juwata.

“Saya dapat kabar dari teman yang ada di MASwing, ada wisatawan mancanegara yang tengah berlibur di Malaysia hendak ke Tarakan, namun karena visanya hanya sebatas di Malaysia akhirnya mereka membatalkan untuk berwisata ke Tarakan, oleh karenanya dibandara juwata perlu ada voa.” Kata Hamid Amren, Rabu (15/10/2014)

Hamid menegaskan, dampak positif dari adanya voa terhadap kepariwisataan di Tarakan yakni meningkatkan kunjungan wisata secara tidak langsung, bahkan dampak lainnya yang akan dirasakan ketika wisatawan banyak berkunjung ke Tarakan adalah kamar hotel terisi penuh, restorant atau rumah makan banyak dikunjungi wisatawan, angkutan umum digunakan turis, yang intinya perekonomian masyarakat berjalan dan tentunya menambah pundi pendapatan asli daerah (PAD)

“Jika sektor pariwisata maju, tentu masyarakat yang diuntungkan karena para turis akan berbelanja, menginap, membeli cendra mata dan lainnya.” Jelasnya

Mantan Kepala Dinas Kebersihan Pertamanan dan Pemakaman (DKPP) Tarakan ini optimis, jika VOA diurus secara serius keditjen Imigrasi, maka ditjen imigrasi memberikan izin voa dibuka dibadara juawata Tarakan.

“Kita akan urus secara serius voa, jika 20 bandara yang ada di Indonesia bisa mengeluarkan voa, tentu Tarakan juga bisa.” Ungkap Hamid dengan senyum khasnya. (RUN)