Loloskan Anak PPDB, Warga Banyak Buat SKTM

0
215
Ilustrasi
Ilustrasi
Ilustrasi

MBNews, Tarakan – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2015, banyak di manfaatkan oleh orang tua murid memasukan anaknya ke sekolah Negeri secara gratis dengan menggunakan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM), hal tersebut di ungkapkan ketua RT 07, Kelurahan Lingkas Ujung, Kecamatan Tarakan Timur, Nasir.

Nasir yang juga sebagai komite SDN 027 Tarakan mengungkapkan, pada moment PPDB tahun ini, dimanfaatkan sejumlah warga untuk meminta dibuatkan rekomendasi SKTM.

“Meskipun banyak yang meminta rekomendasi tersebut, saya tidak membuatkanya kecuali bagi warga bisa menunjukkan syarat-syarat untuk bisa di buatkan SKTM seperti, Pembayaran Bantuan Iuran, Kartu raskin, dan kartu program keluarga harapan, jelas Nasir, Kamis (2/7/2015).

Sementara itu, Kepala Bidang Pendidikan Menengah Dinas Pendidikan (Disdik) Tarakan Thajuddin Noor menuturkan, pihaknya membenarkan adanya penyalah gunaan SKTM yang marak di lakukan oleh para orang tua murid, agar bisa memasukan anaknya keseolah melalu jalur tidak mampu.

“Hal ini terlihat saat proses PPDB di hari ke 2,” beber Thajuddin.

Untuk mengantisipasi penyalahgunaan SKT, Disdik sudah melakukan koordinasi dengan tiap-tiap kelurahan agar memantau proses permohonan rekomendasi SKTM, dan meskipun ada yang berhasil lolos mendapat SKTM, belum tentu bisa di terima di sekolah negeri.

“Kita sudah antisipasi, walaupun ada yang lolos membuat SKTM, pantia penerimaan di sekolah tetap selektif,” pungkasnya. (ctr/nur)