Mesin PLTMG Binalatung Siap Beroperasi

0
626
Mesin Gas Milik Manhattan Kalimantan Investman Pte,Ltd (PT.MKI) . (run)
Mesin Gas Milik Manhattan Kalimantan Investman Pte,Ltd (PT.MKI) . (run)

MBNews,Tarakan – Pertanyaan masyarakat tentang kapan masuknya gas in MKI ke mesin power plan Perusahaan Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG)  milik PT.PLN di Binalatung terjawab sudah. Tepatnya Senin,(24/11/2014) pukul 15.00 hingga pukul 19.00 wita seluruh tekhnisi PT.PLN tengah berjibaku melakukan running test di mesin power PLTMG tersebut.Hingga berita ini  diturunkan,kabar terakhir yang diterima oleh tim MBNews mesin PLTMG milik PLN tersebut sudah bisa menghasilkan daya sebesar 1 MW dengan pressure 300 Psi.

Ketua Komisi 2 DPRD kota Tarakan Adnan Hasan Galoeng menjelaskan,gas in MKI sudah sejak beberapa waktu lalu telah ada di receiving Binalatung dan sekarang ini sedang dilakukian komisioning.Dan pihak PLN Tarakan pun atas desakan pemerntah kota meminta agar segera gas tersebut segera bisa dimasukan ke mesin PLTMG.

“Kemarin tim komisioning ini lengkap termasuk yang dari Belanda. 4 hari mereka disini. Karena komisioning yang dicanangkan waktu itu meleset sehingga mereka pulang,”kata Adnan kepada MBNews Senin (24/11/2014).

Dikatakan Adnan,saat ini yang mengerjakan proses komisioning di mesin PLTMG Binalatung merupakan tekhnisi local dari PLN pusat.Namun  atas panduan langsung dari tekhnisi dari  Belanda via satelit.

“Jadi tim komisioning local ini terus melakukan komunikasi dengan tekhnisi dari Belanda itu.Segala cara diupayakan baik dengan internet,telf bahkan satelit,”ungkapnya.

Dengan ini Adnan pun merencanakan akan secepatnya melakukan tinjauan ke lapangan utnuk melihat langsung proses komisioning tersebut.Jika tidak ada aral,besok setelah rapat paripurna,dia dan beberapa teman-teman anggota DPRD akan mengunjungi mesin PLTMG milik PLN Tarakan di Binalatung.

“Secepatnya saya akan kesana.Kalau tidak ada halangan besok setelah rapat paripurna saya dan beberapa teman akan mengunjungi lokasi,”pungkasnya.

Kabar ini juga dibenarkan oleh Manager Tehknik PT.PLN Tarakan Heni Setyo Handoko.Melalui Handphonenya, Heni menjelaskan hingga saat ini pihaknya tengah melakukan running tes dan di mesin PLTMG.

“Sekarang kami masih mencoba daya 1 MW dulu untuk masuk sistem,dengan pressure 300 Psi.Tidak bisa sekaligus langsung 7 MW tapi harus bertahap,”jelasnya

Ditambahkan Heni,tekhnisi yang mengerjakan proses running tes ini berasal dari tekhnisi lokal dan mendapat arahan langsung dari Belanda.Selain itu Heni mengatakan jika proses komisioning yang dilakukan hari ini berjalan dengan lancar,besok dipastikan keselurahan mesin PLTMG sudah bisa beroperasi dengan daya 7 MW. (nsa/run