Ratusan Kios Pasar Inhutani Nunukan Terbakar

0
318
Ratusan Kios di Pasar Inhutani Kabupaten Nunukan Ludes Terbakar
Ratusan Kios di Pasar Inhutani Kabupaten Nunukan Ludes Terbakar
Ratusan Kios di Pasar Inhutani Kabupaten Nunukan Ludes Terbakar

MBNews, Nunukan – Musibah kebakaran kembali terjadi di Kabupaten Nunukan, kali ini ratusan kios di pasar Inhutani ludes terbakar, Rabu (20/5). Kebarakan yang terjadi di pasar tradisional tersebut terjadi pada pukul 23.30 wita, dan di duga api berasal dari kios penjual kue yang berada ditengah pasar Inhutani.

Murni salah seorang pemilik kios yang terbakar mengatakan, api pertamakali muncul dari kios penjual kue, mengingat bangunan pasar didominasi kayu api dengan cepat melahap pasar, sehingga banyak pedagang yang tidak sempat menyelamatkan barang dagangannya pada saat kejadian.

“Asal api dari kios kue, cepat sekali api membesar sehingga barang dagangann tidak sempat diselamatkan,” ucap Murni dengan nada sedih melihat kiosnya rata dengan tanah.

Sementara itu Andi Sose, agen beras hanya bisa pasrah saat api meluluh lantahkan 25 ton beras, ratusan tabung gas elpiji 12 Kilogram.

“25 ton beras yang baru tiba dari Sulsel termasuk ratusan tabung gas elpiji 12 kilo gram turut terbakar, kerugian mencapai Rp 400 juta,” ucapnya dengan berlinang air mata.

Untuk memadamkan api yang membakar pasar Inhutani Pemadam Kebakaran sangat kesulitan, pasalnya ribuan warga dari berbagai tempat memenuhi lokasi kebakaran hanya untuk sekedar menonton musibah kebakaran.

Iwan salah satu warga yang tengah menonton mengakui, pada saat kebakaran terjadi, dirinya kebetulan lewat. Sehingga menyempatkan untuk melihat api yang tengah melahap bangunan pasar Inhutani.

“Kebetulan lewat mau berangkat kerja sambil sekalian lihat kebakaran,” ungkap Iwan.

Akibat musibah kebakaran yang dialami pedagang pasar Inhutani, ada 27 kepala keluarga yang tinggal di lokasi kebakaran harus mengungsi dan menempati penampungan sementara di Balai Desa Nunukan utara. Sedangkan jumlah keseluruhan kios yang terbakar berjumlah 144 kios dan 170 meja di los terbuka, ditambah dengan 300 kios yang dibangun Pemkab Nunukan pasca kebakaran 2008 silam. Untuk nilai kerugian yang diderita pedagang ditaksi mencapai milyaran rupiah. (nur)