Selama Ramadan Potensi Hujan di Tarakan Cukup Tinggi

0
453
Ilustrasi
Ilustrasi
Ilustrasi

MBNews, Tarakan – Badan Meteorologi Klematologi dan Geofisika (BMKG) Tarakan memastikan, cuaca di Kalimantan Utara (Kaltara) khususnya kota Tarakan, pada minggu ke 3 dan ke 4  bulan Ramadan, akan sering diguyur hujan.

Prakirawan Cuaca BKMG Tarakan Wiliam Sinaga mengatakan, dari hasil pengamatan satelit cuaca, terlihat kecepatan angin di wilayah kaltara pergerakannya bervariasi mulai dari tenggara dan barat daya dengan kecepatan rata-rata 5 knot/perjam.

“Berdasarkan data satelit cuaca, selama Ramadan hujan akan sering menguyur Tarakan,” ucapnya Kamis (18/6/2015).

Dijelaskan, adapun yang menjadi penyebab intensitas curah hujan cukup tinggi yakni suhu permukan laut di perairan sulawesi bagian barat berkisar 28 hingga 30 derajat celcius, sehingga suplai uap air sangat cepat sehingga berpengaruh pada pada cuaca di kaltara.

“Cuaca di wilayah kaltara yakni berawan dan hujan, yang potensi hujanya mulai pagi hari hingga sore hari, sedangkan khusus untuk di kota Tarakan berpeluang hujan di malam hari, karena pola laut pembentukan awan konfektiv pecahnya di malam hari dan dini hari,” jelasnya.

Intensitas hujan di wilayah Kaltara bervariasi, yakni pada minggu ke 3 dan ke 4 ramadan berpeluang hujan dengan kategori sedang dan lebat.

“kami selalu meng-update cuaca di Tarakan ini setiap hari, karena cuaca di wilayah Tarakan selalu berubah-ubah tak menentu setiap saatnya, sedangkan untuk musim kemarau terjadi di sebagian wilayah Pulau Jawa,” pungkas Wiliam. (ctr/nur)