Tes CPNS Selesai, Peserta Gugur Lumayan Banyak

0
584
Ilustrasi (cpns.tipskarir.com)
Ilustrasi (cpns.tipskarir.com)

MBNews, Tarakan – Dari pelaksanaan Tes Kompetisi Dasar (TKD) penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) Tarakan yang dilaksanakan 17-24 Oktober 2014 di Gedung Serba Guna Pemkot Tarakan, terdata ada 1.848 peserta yang seharusnya mengikuti ujian, hanya 1.743 orang peserta mengikuti ujian, dan tercatat 1 peserta dinyatakan gugur oleh panitia pada saat ujian berlangsung, serta 105 orang tidak hadir ditengah pelaksanaan tes CPNS.

Kepada MBNews, Amas Ramadhan Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) CAT Penerimaan CPNS Tarakan 2014 mengatakan, 1 orang peserta yang gugur tersebut dikarenakan faktor non teknis yakni peserta sudah mengisi daftar hadir, mengisi biodata di sistem Computer Assisted Test (CAT), namun pada saat ujian berlangsung peserta yang bersangkutan tidak mengisi jawaban sama sekali. Sedangkan pada saat ujian berlangsung beberapa hari 105 peserta tidak hadir dikarenakan sebagian belum mengambil kartu ujian dan sebagian lainnya tanpa keterangan.

“1 orang gugur, karena tidak mengisi jawaban padahal daftar hadir hingga biadota telah diisi, dan 105 orang tidak hadir dengan rincian 69 orang belum mengambil kartu ujian serta 36 peserta tanpa keterangan ” kata Amas Ramadhan, Senin (27/10/2014).

Amas Ramadhan membeberkan, selama pelaksanaan tes TKD, panitia  tidak menemukan persoalan yang menghambat jalannya tes, kendala yang dihadapi hanya ada beberapa peserta tes yang penampilannya tidak sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan.

Pada pelaksanaan tes TKD penerimaan CPNS, Tarakan merupakan daerah pertama dibawa Kantor Regional (Kakanreg) VIII yang melaksanakan ujian CAT, sedangkan daerah lainnya yang masih dalam satu Kanreg belum melakukan ujian CAT, adapun untuk pelaksanaan Tes Kompetensi Bidang (TKB) tidak akan dilaksanakan  hal ini disebabkan belum adanya tim assessor yang melakukan penilaian terhadap kompetensi khusus. (mad/run)