TNI AU Dan TUDB Gelar Latihan Bersama Di Tarakan

0
982
Pesawat Yang Digunakan Dalam Latihan Bersama TNI AU dan TUDB (ctr)
Pesawat Yang Digunakan Dalam Latihan Bersama TNI AU dan TUDB (ctr)
Pesawat Yang Digunakan Dalam Latihan Bersama TNI AU dan TUDB (ctr)

MBNews, Tarakan – Untuk menjalin kerjasama pertahanan antara Indonesia dan Brunei Darusalam, Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI AU) bersama dengan Tentera Udara Diraja Brunei (TUDB), melakukan latihan bersama di Pangkalan Udara (Lanud) Tipe C Tarakan. Latihan bersama yang sudah berlangsung sejak 28 hingga 31 Oktober 2014, dari masing masing kesatuan pertahanan baik itu TNI AU dan TUDB menurunkan 200 personel terdiri dari Mabes TNI AU, Skadron Udara 2 Halim Perdana Kusuma, Lanud Tarakan, dan Tentera Udara Diraja Brunei.

Kepada MBNews, Komandan Lanud Tipe C Tarakan Letkol Pnb Tiopan Hutapea S.Sos, Rabu (29/10/2014) mengatakan, kegiatan latihan bersama seperti ini sudah sering dilakukan dengan beberapa negara lain seperti kawasan asia pasifik, eropa dan amerika , untuk kegiatan latihan bersama dengan brunei yang sedang digelar saat ini, sudah ke 6 kalinya dilakukan, dengan tempat latihannya bergantian.

“Dalam latihan bersama kali ini merupakan latihan operasi militer selain perang yaitu disebut logistic drop atau penurunan logistik yang dimaksudkan ketika terjadi bencana, atau kecelakaan laut maupun udara di tempat yang sulit di jangkau, dan membantu masyarakat yang tinggal di wilayah sulit dijangkau,” Ungkap Tiopan Hutapea

Pada latihan kali ini yang difokuskan di apron baru bandara Internasional Juwata Tarakan, Tiopan menuturkan, TNI AU menurunkan helikopter CN-295 dari TNI AU serta CN-235 dan Black Hawk dari Brunei, dengan adanya latihan ini diyakinkan bisa menambah ilmu dan kemampuan TNI AU maupun TUDB.

Sebelum latihan bersama kedua Negara ini selesai, Kamis (30/10/2014) dipastikan Panglima Komando Sektor Pertahanan Udara Nasional (KOHANUDNAS) II Marsekal Pertama TNI Tatang Hariyansyah,S.E berkunjung ke Tarakan, guna melihat langsung gelar latihan yang dilakukan oleh TNI AU dan TUDB. (ctr/run)