UN Sekolah Dasar Siap Dilaksanakan, Soal Sudah Didistribusikan

0
308
Ilustrasi
Ilustrasi
Ilustrasi

MBNews, Tarakan – Ribuan pelajar Sekolah Dasar (SD) melaksanakan Ujian Nasional (UN) pada hari senin (18/5). Seluruh persiapan sudah dilakukan untuk menunjang pelaksanaan UN termasuk Naskah soal Ujian yang sejak 6 Mei lalu tiba di Tarakan.

Paket soal Ujian Nasional untuk Sekolah Dasar (SD) didistribusikan ke masing-masing rayon, setelah sebelumnya tiba di Tarakan melalui kantor pos dan dilakukan pemilahan oleh Dinas Pendidikan (Disdik) Tarakan.

Sebanyak 132 Box soal dikirim melalui Dinas Pendidikan, Kebudayaan, Pemuda, dan Olahraga Provinsi Kalimantan Utara pada tanggal 6 Mei yang lalu melalui kantor pos.

Petugas Disdik Tarakan langsung melakukan pemilahan dan membagi soal tersebut sesuai dengan kebutuhan masing-masing sekolah. Kegiatan ini dipantau secara ketat oleh pihak kepolisian yang sudah berada di Disdik sejak soal tersebut diambil dari kantor pos.

“Rencananya soal tersebut langsung kita titipkan kemasing-masing rayon di Polres dan Polsek, namun tempat penyimpanan berkas UN masih penuh karena SMP masih melaksanakan UN,” Ujar Drs. Bambang selaku Kasi Kurikulum Pendidikan Dasar Disdik Tarakan, Minggu (10/5)

Setelah dilakukan pemilahan oleh Disdik Tarakan, soal UN tersebut langsung di distribusikan kemasing rayon yaitu di Polres Tarakan, Polsek Tarakan Barat, Polsek Tarakan Timur dan Polsek Tarakan Utara.

Untuk melakukan pengawalan naskah soal UN dari Disdik ke rayon, Polres Tarakan menerjunkan masing-masing satu orang petugas berseragam lengkap untuk setiap rayon.

Untuk UN Tingkat SD akan berlangsung selama 4 hari. Tidak berbeda dengan SMA dan SMP, pengambilan soal dilakukan di masing-masing Rayon dengan menyiapkan berita acara. Soal UN harus sudah berada di sekolah pada pukul 07.00 WITA sesuai dengan jadwal. Untuk wilayah Tarakan, 3952 SD akan ikuti pelaksanaan UN baik SD Negeri, Swasta, MI, dan SDLB. (tp/nur)