Walikota Tarakan Inginkan Puskesmas 3 Lantai Wajib Ada Lift

0
534
Walikota Tarakan Sofian Raga Menginginkan Puskesmas Yang Bangunannya 3 Lantai Disediakan Lift (run)
Walikota Tarakan Sofian Raga Menginginkan Puskesmas Yang Bangunannya 3 Lantai Disediakan Lift (run)

MBNews, Tarakan – Desain bangunan modern dan bertingat Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) yang ada di Tarakan, sehingga tidak kalah dengan bangunan rumah sakit, mendapatkan acungan jempol dari Walikota Tarakan Ir.Sofian Raga,M.S.i, hal itu diungkapkan orang nomor satu di Pemerintahan Kota Tarakan ini pada saat peresmian gedung baru puskesmas mamburungan, Kecamatan Tarakan Timur, Senin (02/03/2015).

Sofian mengatakan,bangunan fisik Puskesmas saat ini tidak seperti dahulu, bangunan puskesmas mayoritas sudah berlantai 3 bahkan lebih, selain itu juga pelayanan puskesmas tidak lagi disiang hari melainkan sudah 24 jam, sehingga hal ini menandakan pemkot sangat serius dalam menangani pelayanan kesehatan warganya.

“Sudah selayaknya masyarakat mendapatkan pelayanan yang terbaik, mengingat pusat kesehatan di Tarakan terus meningkat, begitu juga dengan Puskesmas infraskturnya terus dibenahi.” Ungkap Sofian.

Disela melihat kondisi bangunan baru puskesmas mamburungan, sofian mengingatkan bahwa puskesmas yang ada di kota Tarakan mayoritas berlantai 3 bahkan lebih, tentunya dengan bangunan yang lebih dari dua lantai tersebut perlu adanya lift atau ranjang pasien elektrik. Dengan adanya teknologi tersebut, diharapkan mampu mempermudah pelayanan bagi pasien darurat.

“Puskesmas sekarang rata rata 3 lantai,sehingga perlu lift ketika ada pasien atau orang berobat, jangan dibuat susah buatlah mudah ini untuk menolong orang sakit, Kamu (wartwan,red) ikut naik sampai lantai 3 Puskesmas mamburungan manggah (bengek,red) juga kan, apalagi pasien disuruh naik tangga sampai diatas bisa pingsan dia.” Jelasnya.

Dilain sisi Seketaris Daerah (Sekda) Tarakan dr.Khairul membeberkan, untuk puskesmas mamburungan pembangunannya menghabiskan anggaran Rp.22 Milyard, dengan adanya puskesmas tersebut diharapkan mampu mencover warga yang tinggal di daerah Tarakan Timur seperti pantai amal, binalatung dan lainnya, sehingga ketika ada warga yang sakit tidak perlu jauh jauh mendapatkan pelayanan kesehatan.

“Warga pantai amal dan sekitarnya, tidak perlu lagi harus jauh jauh ke kota jika lagi sakit, apa lagi untuk yang bersalin, sebab puskesmas ini 24 jam buka untuk warga yang akan melahirkan, sedangkan untuk pengadaan lift nantinya masih melihat dari anggaran yang ada di APBD.” Ucap Khairul.

Selaku Sekda Tarakan, Khairul juga memastikan untuk gedung baru puskesmas karang redjo dan RSUD Tipe C yang berada dijalan Aki Balak pada tahun ini juga siap diresmikan.

“Untuk puskesmas karang redjo pada tahun ini siap diresmikan tinggal menunggu pemasangan jaringan listrik, sedangkan RSUD Tipe C masih menunggu pengesahan Perda selanjutnya siap dilauncing.” Tuntas Plt Kadis Kesehatan ini. (run)