Zakat Fitrah Naik Rp.2.500 Dari Ramadan Tahun Lalu

0
430
Ilustrasi
Ilustrasi
Ilustrasi

MBNews, Tarakan – Setelah melakukan survey terhadap harga beras di Kota Tarakan yang dilakukan oleh tim dari Badan Pusat Statistik (BPS), Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (Disperindakop dan UMKM), Bulog, Organisasi Islam dan beberapa instansi terkait lainnya, Kadar Zakat Fitrah pada Ramadan 1436 Hijriyah/2015 Masehi mengalami kenaikan dari Ramadan Tahun lalu.

Berdasarkan hasil rapat yang digelar Kementrian Agama bersama Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), Bulog, Nahdatul Ulama, Muhammadiyah serta Organisasi Islam lainnya dan Jajaran Forum Komunikasi Perangkat Daerah (FKPD), di ruang Imbaya Pemkot Tarakan, Rabu (10/6), kadar zakat fitrah mengalami kenaikan sebesar Rp. 2.500.

“Ramadan tahun ini kenaikan zakat Fitrah sebesar dua ribu lima ratus rupiah,” Ungkap Kepala Kemenag Tarakan Imam Muchtar.

Adapun untuk kadar zakat fitrah yang nantinya di tunaikan oleh umat Islam untuk golongan I bagi masyarakat yang  sehari-harinya memasak dengan menggunakan beras kualitas bagus, maka kadar zakat fitrah yang harus dibayar sebesar Rp. 32.500, sedangkan bagi yang biasa menggunakan beras kualitas sedang, zakat yang ditunakikan Rp.30.000, dan bagi yang memasak dengan beras kualitas dibawah sedang, kadar zakat yang ditunaikan Rp. 27.500. Untuk umat muslim yang memasak nasi dengan beras bulog, maka zakatnya Rp. 20.000.

“Tertinggi membayar zakat tiga puluh ribu dua ribu lima ratus rupiah,  dan untuk raskin paling rendah dua puluh ribu rupiah,” tegasnya.

Setelah adanya kesepakatan dan penetapan kadar zakat, Imam Muchtar memastikan Kemenag Tarakan dalam waktu dekat akan mengeluarkan surat keputusan yang nantinya disebar ke Masjid serta beberapa gerai penerima zakat untuk dijadikan dasar hukum atau patokan bagi umat muslim yang hendak menunaikan zakat fitrah dalam bulan ramadan nanti. (nur)