Kemenhub tambah anggaran bangun infrastruktur, Pembebasan lahan area pembangunan diminta selesai

0
1157
Menhub Ignasius Jonan saat tanda tangani prasasti pembangunan terminal bandara Juwata Tarakan yang baru (hfa)
Menhub Ignasius Jonan saat tanda tangani prasasti pembangunan terminal bandara Juwata Tarakan yang baru (hfa)
Menhub Ignasius Jonan saat tanda tangani prasasti pembangunan terminal bandara Juwata Tarakan yang baru (hfa)

MBNews, Tarakan – Menteri Perhubungan Ignasius Jonan sangat memberikan perhatian terhadap pembangunan infrastruktur di wilayah perbatasan di Kaltara. Dalam lawatannya ke Tarakan, Jumat (20/3/2015) Menteri Jonan sangat mendukung program yang dijalankan pihak pemerintah provinsi kaltara.

“Salah satu yang saya dukung pengembangan pelabuhan yang berintegrasi dengan bandara Juwata Tarakan, itu semua tergantung usulan gubernur, kalau cepat usulkan akan kemenhub akan masukan di pembahasan anggaran tahun ini dan bisa mulai direalisasikan tahun depan,” Ujar Jonan kepada merabirunews.com

Mengenai terminal bandara juwata yang baru Jonan menilai pembangunannya sudah bagus dan diharapkan dapat dioperasikan tahun ini juga karena tinggal menunggu pemasangan eskalator dan garbarata. “Bandara Juwata sudah sangat bagus, tinggal sedikit penambahan beberapa fasilitas pendukung,” Ungkap Jonan

Sementara itu Penjabat Gubernur Kaltara Irianto Lambrie sangat mengapresiasi kedatangan Menteri Perhubungan Ignasius Jonan ke Kaltara. Menteri Jonan dinilai sangat perhatian di wilayah perbatasan salah satunya di Kaltara, bahkan anggaran yang diajukan pemerintah provinsi ke pemerintah pusat mengenai perbangunan infrastruktur Transportasi ditambah.

“Total anggaran yang akan diberikan untuk pemprov awalnya Rp. 330 milyar diubah Rp. 448 milyar kemudian ditambah lagi sebanyak Rp. 143 milyar, sehingga ada total Rp. 591 milyar dikucurkan dan tinggal bagaimana serapan anggaran yang baik dilakukan oleh kementriannya untuk pembangunan pelabuhan dan bandara.

Namun yang menjadi kendala saat ini beberapa bandara yang akan dibangun masih terbentur pembebasan lahan milik masyarakat, termasuk di Bandara Tanjung Harapan Tanjung Selor dan di Nunukan.

Irianto Lambrie menambahkan, setelah menerima lampu hijau dari menteri tersebut pihak pemerintah provinsi Kalimantan Utara akan bergerak cepat untuk menyambut anggaran tersebut.

“Bila perlu dalam waktu dekat PJ Gubernur Irianto segera mengantar surat pengajuannya kepada kementrian perhubungan di Jakarta,” Ungkapnya (hfa)

Menteri Jonan, Pj Gubernur Irianto dan jajaran pantau terminal baru (hfa)