Tips Mewarnai Rambut: Cara Memilih, Menjaga, dan Merawat Warna Rambut

0
784

Tips Mewarnai RambutSource: bing.com

Mewarnai rambut adalah salah satu cara yang sering dilakukan oleh banyak orang untuk merubah penampilan mereka. Dari yang awalnya memiliki rambut hitam atau coklat, menjadi merah, pirang, atau bahkan warna-warna yang lebih unik seperti hijau atau biru. Namun, sebelum memutuskan untuk mewarnai rambut, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan, seperti jenis cat rambut yang akan digunakan, warna yang sesuai dengan kulit dan kepribadian, serta cara merawat rambut yang sudah diwarnai agar tetap sehat dan cantik.

Cara Memilih Warna Rambut yang Sesuai

Memilih warna rambut yang tepat sangat penting karena warna rambut yang salah dapat membuat Anda terlihat tidak natural atau bahkan terlihat lebih tua dari usia sebenarnya. Berikut adalah beberapa tips untuk memilih warna rambut yang cocok:

  • Pertimbangkan warna kulit Anda. Jika Anda memiliki kulit sawo matang, warna rambut yang cocok adalah coklat tua, merah, atau pirang tua. Sedangkan jika kulit Anda lebih terang, warna rambut yang cocok adalah coklat muda, pirang, atau bahkan warna-warna pucat seperti lavender atau pink.
  • Pertimbangkan warna mata Anda. Jika Anda memiliki mata coklat atau hitam, warna rambut yang cocok adalah coklat tua atau hitam. Jika mata Anda hijau, warna rambut yang cocok adalah merah atau pirang. Sedangkan jika mata Anda biru, warna rambut yang cocok adalah pirang atau ungu.
  • Pertimbangkan gaya hidup dan kepribadian Anda. Jika Anda suka tampil unik dan berani, Anda bisa memilih warna-warna mencolok seperti biru atau hijau. Namun, jika Anda lebih suka tampil simpel dan natural, warna rambut yang cocok adalah coklat atau pirang.

Cara Mewarnai Rambut Sendiri di Rumah

Mewarnai rambut sendiri di rumah bisa menjadi pilihan yang lebih murah dan praktis dibandingkan pergi ke salon. Namun, sebelum memulai, pastikan Anda sudah memilih jenis cat rambut yang cocok dan membaca petunjuk penggunaannya dengan teliti. Berikut adalah beberapa tips untuk mewarnai rambut sendiri di rumah:

  • Lindungi kulit kepala dan telinga Anda dengan mengoleskan petroleum jelly atau minyak kelapa sebelum mewarnai rambut.
  • Gunakan sarung tangan karet agar tangan Anda tidak terkena cat rambut.
  • Gunakan jepit rambut atau klip untuk memisahkan rambut menjadi beberapa bagian agar lebih mudah saat mewarnai.
  • Gunakan pewarna rambut yang sesuai dengan panjang dan tebal rambut Anda. Jangan menggunakan terlalu banyak atau terlalu sedikit.
  • Jangan lupa membilas rambut dengan air bersih setelah selesai mewarnai. Jangan menggunakan sampo terlalu sering karena bisa membuat warna rambut cepat pudar.

Cara Merawat Rambut yang Sudah Diwarnai

Merawat rambut yang sudah diwarnai sangat penting agar warna rambut tetap terlihat cantik dan sehat. Berikut adalah beberapa tips untuk merawat rambut yang sudah diwarnai:

  • Hindari mencuci rambut terlalu sering karena bisa membuat warna rambut cepat pudar. Cukup mencuci rambut 2-3 kali seminggu.
  • Gunakan sampo dan kondisioner yang khusus untuk rambut yang sudah diwarnai agar warna rambut tetap terjaga.
  • Hindari penggunaan alat catok atau hair dryer secara berlebihan karena bisa merusak rambut dan membuat warna rambut cepat pudar.
  • Gunakan masker rambut secara teratur untuk menjaga kelembapan rambut dan membuat warna rambut tetap terlihat cerah.
  • Hindari terlalu sering melakukan proses cat rambut karena bisa merusak rambut dan membuatnya kering dan rusak.

Pertanyaan yang Sering Diajukan tentang Tips Mewarnai Rambut

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan tentang tips mewarnai rambut:

  • Apakah mewarnai rambut bisa merusak rambut? Jawabannya tergantung pada jenis cat rambut yang digunakan dan cara merawat rambut setelah diwarnai. Jika menggunakan cat rambut yang berkualitas dan merawat rambut dengan baik, maka kemungkinan merusak rambut akan lebih kecil.
  • Apakah semua warna rambut cocok untuk semua orang? Tidak semua warna rambut cocok untuk semua orang. Warna rambut yang cocok tergantung pada warna kulit, warna mata, dan gaya hidup seseorang.
  • Apakah mewarnai rambut bisa membuat rambut cepat lepek? Ya, jika terlalu sering mencuci rambut atau menggunakan sampo yang tidak cocok, maka rambut bisa cepat lepek.
  • Seberapa sering harus melakukan perawatan rambut yang sudah diwarnai? Perawatan rambut yang sudah diwarnai harus dilakukan secara teratur, minimal 1-2 kali seminggu.
  • Apakah bisa merawat rambut yang sudah diwarnai tanpa pergi ke salon? Tentu saja bisa. Ada banyak produk perawatan rambut yang bisa digunakan di rumah seperti masker rambut, sampo dan kondisioner khusus untuk rambut yang sudah diwarnai.

Mewarnai rambut bisa menjadi cara yang menyenangkan untuk merubah penampilan Anda. Namun, sebelum memutuskan untuk mewarnai rambut, pastikan Anda sudah memilih warna yang cocok, memilih jenis cat rambut yang tepat, dan merawat rambut dengan baik agar tetap sehat dan cantik.

Related video of Tips Mewarnai Rambut: Cara Memilih, Menjaga, dan Merawat Warna Rambut