Home Ekonomi Ahli Gemologi Kurang, Dunia belum pandang batu akik Indonesia

Ahli Gemologi Kurang, Dunia belum pandang batu akik Indonesia

0
475
Batu akik (aktual.com)
Batu akik (aktual.com)

MBNews, Meskipun tren batu mulia atau batu akik masih booming di Indonesia, namun dunia Internasional belum memandang batu mulia asal Indonesia. Pasalnya, minimnya tenaga ahli gemologi menjadi salah satu alasannya.

Asosiasi Batu Mulia Indonesia (Abami) Indra Fahrizal mengatakan, saat ini laboratorium gemology di Indonesia belum banyak terafiliasi oleh tenaga ahli. Hal tersebut membuat batu mulia asal Indonesia belum dipandang dunia internasional.

“Orang masih berfikir Srilanka, Thailand, India, Birma, Brazil dan Eropa,” papar Indra di Jakarta.

Pemerintah seharusnya memberikan dukungan terhadap ahli gemologi tersebut dengan memberikan pelatihan agar mendapatkan sertifikasi ahli gemologi. Terlebih sertifikasi tersebut merupakan salah satu aturan yang ditetapkan di Internasional.

“Makanya kita mengusulkan kepada kementerian supaya semua orang ini harus di edukasi tentang materialnya. Kita ingin Indonesia menjadi master of gemologi yang akan menghasilkan ahli-ahli gemologi, itu bentuknya lembaga pelatihan serta kita ingin orang-orang ahli gemologi itu di sertifikasi,” pungkasnya. (okezone/hfa)