Gaya hidup transaksi keuangan masyarakat saat ini sudah bisa sangat mayoritas beralih perlahan-lahan dari transaksi manual setor tunai di bank menjadi transaksi perbankan versi digital, seperti Apple Pay, WeChat Pay, Alipay dan lain-lain. Yang tentunya lebih meminimalisir penggunaan uang tunai, menjadi lebih efektif dan aman saat dibawa kemana-mana. 

cara transfer di atm
cara transfer di atm

Namun, tahukah kalian bahwa penggunaan pembayaran sebelum era digital ramai belakangan ini semuanya berawal dari transaksi perbankan melalui mesin ATM. Istilah ATM sudah bukan hal yang asing, beberapa menyebutnya istilah tersebut adalah singkatan dari Anjungan Tunai Mandiri, namun ketika dalam bahasa Inggris, sebenarnya ATM yaitu Automated Teller Machine atau Automatic Teller Machine. Yang mana artinya merupakan sebuah alat yang digunakan untuk transaksi perbankan tanpa dilayani oleh teller.

Sementara ini, perkembangan ATM di Indonesia umumnya sudah mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Seperti yang dilansir dari tirto.id, menyebutkan bahwa OJK (Otoritas Jasa Keuangan) mencatat jumlah mesin ATM yang ada di Indonesia kuartal III-2017 sebanyak 102.682 unit. Jumlah tersebut bertambah 1.236 dalam kurun waktu tiga bulan menjadi sebanyak 103.918 unit ATM per triwulan IV-2017. Sisi positif dari penambahan ini yaitu, akses masyarakat sudah mulai melek teknologi dalam memanfaatkan fasilitas perbankan, juga daya perputaran uang di masyarakat terbilang tinggi.

Bertransaksi melalui mesin ATM sangatlah mudah, namun lain hal jika nasabah tersebut baru mengenal dunia perbankan dan mencoba untuk menikmati fasilitas bank yaitu bertransaksi melalui mesin ATM. Entah hanya untuk cek saldo, setor tunai ataupun tarik tunai. Hal tersebut, bisa saja membingungkan dan untuk mencegah hal tersebut, kami akan memberikan cara transfer uang di atm ketika bertransaksi melalui mesin ATM.

Langkah pertama yaitu masukkan Kartu ATM ke slot kartu mesin ATM. Pastikan logo Bank berhadapan pada slot kartu ATM di mesin, jika posisi kartu tidak benar, transaksi tidak dapat dilakukan.

1. Pilih Jenis Bahasa: Pilih Bahasa Indonesia

2. Masukkan Nomor PIN ATM, biasanya berisi sebanyak 6 digit ( ****** )

3. Karena kita akan mencoba transfer, maka yang dipilih yaitu menu: Pilih Jenis Transaksi: Pilih Transfer

4. Pilih Bank Tujuan Transfer

5. Pilih Bank (jika sesama no rekening dalam 1 bank yang sama tinggal pilih masukkan nomer rekening)

6. Masukkan nomor rekening tujuan transfer Anda. Lalu pilih BENAR.

7. Pilih Bank Lain (bagian ini untuk transaksi transfer ke rekening pada bank lain, biasanya bank yang termasuk dalam jaringan ATM Bersama)

8. Masukkan kode bank dan nomor rekening tujuan (Bank Lain):

Pilih kode bank tujuan transfer yang diinginkan. Jika sudah ketemu, pilih ‘Lanjutkan’. Lalu, masukkan kode bank dan nomor rekening tujuan (bank lain).

Pilih ‘BENAR” untuk proses selanjutnya. Di layar ATM akan muncul: Masukkan nomor referensi (kosongkan bila tidak ada). Ketik kembali : Kode bank dan nomor rekening tujuan (Bank Lain)

Lanjut pilih BENAR untuk proses selanjutnya. Masukkan Jumlah Transfer

Cek kembali jumlah uang yang akan Anda transfer. Pastikan nominal angkanya sudah benar. Lalu pilih BENAR untuk proses selanjutnya.

Transaksi akan di proses, layar ATM menunjukkan Data Tujuan Transfer yang berupa keterangan Bank, nama, nomor rekening tujuan, dan jumlah uang transferan.

9. Pilih Proses transfer:  Pilih Ya (Jika semuanya sudah benar) Pilih Tidak: (Jika ada yang salah) Jika salah, kembali ke menu awal.

Menunggu konfirmasi selanjutnya.

10. Lalu muncul keterangan: Transaksi Anda berhasil dilaksanakan. Ada opsi Transaksi Lagi?

Pilih TIDAK jika sudah selesai. Anda akan menerima stuk transfer.

Pilih YA jika ingin transfer lagi ke rekening lainnya.

11. Selesai Transaksi, kartu ATM akan keluar dari mesin ATM.

ilustrasi tarik tunai atm
ilustrasi tarik tunai atm

Nah, bagaimana ? Sangat mudah bukan bertransaksi melalui ATM (Anjungan Tunai Mandiri).