Yuk Lihat Motif Batik Populer Indonesia

0
11

Mempunyai warisan budaya berupa Batik menjadikan kebanggaan dalam semangat berkebangsaan. Bagaimana tidak, batik yang merupakan seni lukis tradisional pada selembar kain dengan pola tertentu sudah sering mendapat penghargaan di ajang pameran dunia, seperti pameran dagang dan kriya terbesar di Amerika Utara NY NOW pada tahun 2018 lalu. 

Batik sendiri ditetapkan sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) sejak 2 Oktober 2009 oleh UNESCO. Setelah itu, gambar batik menjadi makin populer baik melalui pameran kebudayaan maupun peragaan busana dengan tema-tema tertentu bercorak batik ala Indonesia.

Semakin bertambah tahun, proses pola dan teknis pembuatan batik semakin beragam dan mengikuti trend sosial saat ini. Mungkin dulu pandangan kita terhadap batik merupakan pakaian orang tua yang sangat formal, hanya bisa dipakai saat-saat tertentu saja. Sekarang, batik-batik Indonesia mempunyai banyak ragam jenis pola batik yang sangat modern dan bisa diterima di semua kalangan anak muda. Dengan begitu, kecintaan generasi muda tentang batik menjadi hal yang patut diapresiasi sebagai cara untuk mempertahankan kultur warisan budaya batik Indonesia.

Tapi, tahukah kalian beragam jenis motif batik yang populer di Indonesia ? Kami merangkumnya gambar batik yang populer dari berbagai daerah di Indonesia :

  1. Batik Mega Mendung

    Batik_Mega_Mendung
    Batik Mega Mendung
  2. Batik Dolly

    Batik Jarum Dolly (serempak.id)
  3. Batik Loreng Ondel-ondel

    Batik Loreng Ondel-ondel
  4. Batik Kujang Kijang

    Batik Kujang Kijang
  5. Batik Palembang

    Batik Palembang
  6. Batik Tabir

    Batik Tabir Riau (infopku.com)
  7. Batik Gamolan
    Batik Gamolan

    Nah, gimana teman-teman dengan gambar motif batik populer yang ada di Indonesia ? Kalau mau dicek, untuk motif batik sendiri sangat banyak dan beragam dari berbagai kepulauan. Jadi, apa gambar batik pilihan mu ?