Kata “Milenial” Menjadi Kata Pilihan Tahun 2019

0
11

Indonesia memang terkenal dengan ragam budaya dan bahasa yang sangat banyak, terpengaruh dari lokasi kepulauan yang tersebar di seluruh nusantara dari ujung Sabang hingga Merauke. Pada tahun 2018 saja, menurut data dari katadata.co.id Badan Pengembangan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan Kebudayaan sudah mendata sebanyak 668 ragam jenis bahasa daerah di Indonesia. Semakin tahun perkembangan bahasa di Indonesia makin bertambah jumlahnya, karena masih ada beberapa daerah yang belum seluruhnya teridentifikasi.

Perkembangan bahasa sendiri hingga saat ini semakin berbaur antara bahasa daerah, bahasa Indonesia dengan bahasa asing dari pergaulan dan tontonan di era modern. Berbagai kata ganti/slang semakin sering digunakan dalam obrolan sehari-hari hingga sudah tidak asing lagi didengar dan menjadi populer disemua kalangan. Contoh saja istilah ‘milenial’ dIakhir tahun 2019 lalu, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menjadi pilihan pada Kata Tahun Ini (KTI) 2019.

Seperti kita tahu bersama, pada tahun 2019 selain tahunnya sosial media youtube, trend anak muda juga tahunnya partai politik. Kalangan elit politik sudah mulai perlahan menargetkan generasi muda dengan istilah yang lebih mendekat ke anak muda, istilah milenial. Milenial sendiri mempunyai makna yang berhubungan dengan kata milenium, generasi yang lahir di antara tahun 1980 dan 2000-an.

Menurut Dadang, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Bahasa Kemendikbud yang kami kutip melalui gatra.com menjelaskan,  “Ini beberapa data dukung yang ingin kami sampaikan. Kalau kita melihat 15 kata terpopuler KBBI tahun 2019, kata-kata itu urutan tertingginya ini: aktivitas, analisis, daring, efektif, izin, kerja sama, literasi, milenial, memengaruhi, objek, praktik, resiko, risiko, sistem, dan survei. Itu kata-kata yang bisa kita lihat sama-sama di dalam statistic KBBI.”

Nah, menurut kamu, lebih enak disebut sebagai generasi milenial atau generasi anak muda ya ?