Pentingnya Khasiat Daun Sirih Untuk Kesehatan Mulut

0
65
Daun Sirih
Daun Sirih

Daun sirih yang identik bersisik bagian permukannya, berbentuk hati, berwarna hijau dan sering dikunyah oleh orang-orang tua ternyata memiliki kandungan yang sangat berkhasiat untuk kesehatan. Khasiat daun sirih, khususnya untuk kesehatan organ tubuh bagian mulut, baik untuk menghilangkan bau mulut maupun kesehatan gigi. Tak jarang daun sirih juga dipakai sebagai salah satu bahan campuran dalam pembuatan pasta gigi.

Tanaman yang tumbuh di Indonesia ini mempunyai banyak kandungan vitamin seperti vitamin C, tiamin, niasin, riboflavin, dan karoten yang digunakan untuk pemeliharaan kesehatan. Selain itu, tanaman yang bernama ilmiah piper betle ini juga mengandung mengandung minyak atsiri dan komponen kimiawi seperti minyak sirih dan chavicol, betelphenol, eugenol, terpene, campene yang sering dijadikan sebagai campuran obat.

Untuk meningkatkan kesehatan mulut
, orang tua jaman dahulu menggunakan daun sirih sebagai obat alami untuk menjaga kesehatan mulut seperti menjaga mulut tetap segar maupun menghindari perkembangan bakteri yang dapat menyebabkan karies dan infeksi pada gigi. Apalagi ketika sering mengkonsumsi makanan atau minuman dengan kandungan gula yang tinggi asam akan bereaksi dengan bakteri yang ada dalam biofilm gigi, khasiat daun sirih mampu menghambat produksi asam dalam timbulnya karies pada gigi.

Ilustrasi Bau Mulut
Ilustrasi Bau Mulut

Khasiat daun sirih lainnya untuk kesehatan mulut yaitu mengurangi bau mulut. Dengan seringnya kita mengkonsumsi makanan/minuman, tentunya masih ada sisa-sisa makanan yang tertinggal pada celah gigi terutama pada gigi berlubang. Sisa makanan tersebut yang menjadikan aroma mulut menjadi kurang segar. Dengan kandungan minyak atsiri yang beraroma segar dan wangi pada daun sirih, menjadikan daun ini sebagai salah satu cara mengatasi bau mulut yang tidak sedap.