4 Manfaat Bunga Anggrek untuk Kecantikan

0
493

merahbirunews.com – Jakarta – Selain dijadikan tumbuhan hias, anggrek juga dapat dimanfaatkan sebagai salah satu komponen alami untuk komoditas kecantikan.

Bunga anggrek dapat menjadi salah satu unsur alami yang dimaksud cukup kerap ditemukan di formula kosmetik. Ia mengandung beberapa zat yang mana dapat bermanfaat untuk kecantikan kulit.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut sederet faedah bunga anggrek untuk kecantikan.

1. Mengurangi Tanda Penuaan

Ekstrak bunga anggrek berbagai digunakan oleh perusahaan kosmetik sebagai substansi terlibat pada produk-produk mereka. Salah satu jurnal penelitian A Comprehensive Review of the Cosmeceutical Benefits of Vanda Species (Orchidaceae) menyebutkan bahwa bunga anggrek memiliki kegunaan untuk menurunkan tanda-tanda penuaan.

Ekstrak anggrek dari Vanda coerulea lalu V. teres menunda penuaan yang dimaksud disebabkan spesies oksigen reaktif (ROS) setelahnya iradiasi LV melalui aktivitas pencegah oksidasi serta anti-inflamasinya. Ekstrak ini juga menunjukkan sifat anti-penuaan dengan menstimulasi sitokrom c oksidase (kompleks IV), yang tersebut merupakan bagian dari rantai transpor elektron dalam mitokondria. 

2. Melembabkan Kulit

Kaya akan senyawa pelembab, konsentrat anggrek memiliki sifat humektan yang mana menarik air ke pada dermis untuk menghasilkan lapisan kulit montok, kencang, kemudian terhidrasi. 

Selain mengempiskan tanda penuaan, mucilage (lendir) pada anggrek juga berfungsi sebagai pelembab yang memungkinkan untuk menjaga dermis tetap memperlihatkan terhidrasi. Mucilage berfungsi sebagai pelembab dan juga emolien sebab daya ikat airnya yang tinggi. Selain itu, pemekatan anggrek memberikan hidrasi dermis dengan menstimulasi aquaporin 3 (AQP3) juga ekspresi protein LEKTI.

3. Mencerahkan Kulit

Sebuah studi dari School of Chinese Medicine (SCM) di area Hong Kong Baptist University (HKBU) menemukan bahwa senyawa alami yang dimaksud ditemukan di dua jenis anggrek Dendrobium dapat secara efektif mencerahkan epidermis juga melindunginya dari kerusakan oksidatif. 

4. Mencegah Kesulitan Kulit

Semua orang menginginkan epidermis yang digunakan sehat. Dikutip dari Onlymyhealth.com, vitamin A serta pencegah oksidasi yang tersebut ada di anggrek memproduksi dermis Anda sehat dan juga awet muda, menghindari keriput kemudian hambatan kulit. Selain itu, Anda juga bisa jadi menambahkan pemekatan anggrek ke pada masker wajah untuk mendapatkan efek glowing.

Mengenal 7 Jenis Tanaman Anggrek