Waspada Makanan Minuman Tidak Layak Konsumsi, BPOM Meminta Masyarakat Ikuti Langkah Berikut

0
399
Masyarakat saat membeli gula yang wajib diantisipasi kadaluarsanya (illustrasi)
Masyarakat saat membeli gula yang wajib diantisipasi kadaluarsanya (illustrasi)

MBNews, Tarakan – Masyarakat kota Tarakan diminta jeli sebelum membeli produk makanan dan minuman yang marak beredar jelang hari raya Idul Fitri karena potensi produk makanan dan minuman tidak layak begitu tinggi.

Petugas Badan Pegawasan Obat dan Makanan (BPOM) Kaltim Muhammad Fanani, Sabtu (12/7/2014) mengatakan, ada beberapa langkah yang perlu dilakukan masyarakat sebelum membeli produk makanan dan minuman, yang pertama perhatikan kondisi kemasan produk. Apabila kemasan produk ada yang cacat baik kotak, kaleng maupun plastik hendaknya masyarakat tidak membeli produk tersebut.

“Misalnya susu kental manis yang berkemasan kaleng, kalau ada peyok atau berkarat maka lebih baik masyarakat tidak membelinya.” Kata M. Fanani

Langkah selanjutnya memperhatikan kode register yang dikeluarkan oleh BPOM serta tanggal kadaluarsa dari produk yang dijual, jangan sampai masyarakat membeli produk yang kadaluarsa dan tidak layak konsumsi. kemudian masyarakat hendaknya membaca aturan pemakaian dan komposisi dari produk yang ada dalam kemasan sehingga mengetahui jumlah kebutuhan yang akan dikonsumsi.

“Diharapkan membaca kompisisi dari produk, karena jika ada orang penderita diabetes, jangan sampai mengkonsumsi makanan dan minuman dengan kadar gula tinggi yang sudah diperingatkan produsen di kemasan produk.” Ungkap M Fanani

Yang paling penting masyarakat diminta melapor kepada petugas atau regulator baik Dinas Perdagangan, Satpol PP, hingga BPOM apabila sering kali menemukan toko yang menjual barang tidak layak konsumsi.(HFA)