Inilah 5 Alasan Anda Tidak Dianjurkan Memencet Jerawat

0
220

merahbirunews.com – Jakarta – Dokter lapisan kulit umumnta tak akan pernah menganjurkan seseorang untuk memencet jerawat . Mengapa demikian?

Dilansir dari Health Shots, dokter lapisan kulit kosmetik dan juga ahli bedah lapisan kulit pada The Esthetic Clinics, Rinky Kapoor, menunjukkan lima alasan Anda seharusnya tak pernah memencet jerawat .

1. Memperparah jerawat

Saat Anda memencet lapisan kulit di tempat sekitar jerawat, risiko memacu kotoran, minyak, dan juga bakteri lebih banyak pada ke bawah dermis pun meningkat. Selain itu, bakteri di tempat jari Anda juga bergabung bergabung juga menyebabkan jenis jerawat baru yang digunakan berasal dari lapisan di kulit.

2. Menciptakan tambahan banyak ruang infeksi

Kapoor mengungkapkan bahwa ketika Anda memencet jerawat untuk mengeluarkan nanahnya, Anda kemungkinan besar berpikir Anda sudah ada membersihkan seluruh arena itu. Tetapi kenyataannya ada kemungkinan Anda masih menyisakan sedikit nanah, juga itu akan menjadi tempat tumbuh biaknya jerawat yang dimaksud semakin meradang juga lebih banyak besar.

3. Menyebabkan jaringan parut dan juga lubang

Munculnya jerawat secara dini akan menghambat penyembuhan. Hal yang disebutkan menyebabkan hilangnya jaringan yang tersebut mendatangkan bekas luka permanen. Semakin kerap Anda menggaruk serta memencet jerawat, semakin besar juga risiko timbulnya jaringan parut. Selain itu, hal ini pun dapat menyebabkan pitting jikalau Anda bukan segera menghentikannya.

4. Menjadi korban hiperpigmentasi

Kapoor mengingatkan bahwa hiperpigmentasi pasca inflamasi adalah salah satu efek samping umum dari jerawat yang dimaksud pecah. Sementara hiperpigmentasi membutuhkan waktu berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun untuk hilang.

5. Mengundang lebih lanjut berbagai jerawat

Nanah yang digunakan meninggalkan dari jerawat akan bersentuhan dengan kulit. Adapun bakteri, minyak, lalu kotoran yang tersebut terperangkap menyumbat pori-pori juga folikel rambut sehingga menyebabkan tambahan banyak jerawat.

“Saya sarankan Anda membiarkan jerawat itu bertahan, yang dimaksud biasanya 3-7 hari, kemudian memberi kesempatan pada dermis untuk sembuh. Namun jikalau masih muncul, pastikan Anda membersihkan area yang disebutkan dengan pembersih wajah antibakteri, lalu mengoleskan krim yang tersebut direkomendasikan dokter kulit,” kata dia.

Cara Benar Memencet Jerawat