5 Tips Mudah Memilih Ikan Segar

0
288

merahbirunews.com – Jakarta – Makan ikan segar dengan yang bukan tentu rasanya beda. Karena itu Anda perlu mengetahui cara memilih ikan segar pada waktu membeli dalam pangsa atau supermarker.

Dilansir dari Times of India, berikut lima tips memilih ikan segar .

1. Bau ikan

Mencium bau ikan adalah cara terbaik untuk melakukan konfirmasi bahwa ikan masih layak dikonsumsi. Ikan segar mempunyai aroma yang mana ringan serta tidaklah miliki bau menyengat atau asam. Selain itu, bau amis yang digunakan kuat pada ikan juga menunjukkan ikan telah dilakukan busuk atau telah lama diawetkan dengan materi kimia.

2. Mata ikan tidak ada berubah

Untuk memeriksa kesegaran ikan bisa saja juga melalui matanya. Pastikan mata ikan tidak ada memiliki lapisan kusam keputihan atau bukan tampak cekung. Mata ikan segar akan berkilau juga cerah. Ikan dengan mata yang kusam menunjukan bahwa ikan yang disebutkan telah lama membusuk.

3. Tekstur yang digunakan kuat

Ikan segar miliki tekstur yang dimaksud kuat dalam bagian luar maupun dalamnya. Daging ikan segar setiap saat memantul kembali pada waktu disentuh. Kulit ikan segar juga miliki sisik yang tersebut rapat. Ikan dengan sisik yang mana gampang terlepas menunjukan bahwa ikan yang disebutkan telah terjadi membusuk.

4. Periksa penampilannya

Hal pertama yang dimaksud harus dijalankan ketika memilih ikan yang tersebut sempurna adalah mengawasi penampilannya. Pastikan tubuh ikan mempunyai tekstur yang digunakan sedikit licin juga bukan ada inovasi warna pada dagingnya. Ikan segar yang mana dipotong menjadi beberapa bagian juga selalu mengeluarkan darah dan juga berwarna merah cerah.

5. Periksa insangnya

Untuk melakukan konfirmasi bahwa ikan masih segar adalah dengan cara mengangkat insang dan juga periksa apakah bagian pada ikan masih berwarna kemerahan. Ikan segar juga miliki tekstur yang tersebut basah dan juga bukan akan kering. 

5 Ciri Ikan Segar Kaya Nutrisi yang dimaksud Layak Dikonsumsi