ilustrasi tarik tunai atm
ilustrasi tarik tunai atm

Transaksi keuangan di era modern kini sudah bukan hal yang tabu dan langka untuk dicoba. Dahulu mungkin kita memperhatikan, hanya orang diusia-usia dewasa yang mempunyai akses kartu debit atau lebih sering dikenal dengan sebutan kartu ATM (Anjungan Tunai Mandiri). Tapi saat ini, anak muda mayoritas sudah bisa dibilang memiliki akses bertransaksi keuangan yang sangat luas. Entah memulai kebiasaan menabung, berbelanja online maupun tarik tunai dengan kartu ATM. Apalagi jaringan ATM semua bank di Indonesia sudah terkoneksi dengan baik, cek saldo, setor tunai, transfer antar rekening dan antar bank sudah semakin dipermudah. Dahulu untuk bertransaksi harus di ATM bank yang digunakan, sekarang dengan terkoneksinya jaringan ATM di Indonesia, sudah bukan masalah lagi, bisa menggunakan akses ATM Bersama, tentunya dengan kemudahan-kemudahan lainnya seperti tarif dari tarik tunai atm bersama yang bervariasi.

Dengan kemudahan-kemudahan berinteraksi secara online inilah, perputaran uang di website berbelanja online semakin cepat. Kita perhatikan, dari data eMarketer yang kami kutip dari katadata.co.id, pada tahun 2016 saja transaksi e-commerce di Indonesia menyentuh angka sekitar Rp 69,8 triliun. Hal ini tentunya berdampak dari pertambahan populasi di Indonesia yang sudah menjadi pengguna aktif internet. Dari usia dewasa sampai usia muda sekarang sudah dimanjakan dengan kemudahan-kemudahan dalam bertransaksi keuangan.

Salah satu kemudahan yang dirasakan saat ini, seperti yang sudah disinggung di awal yaitu terkoneksinya dengan baik ATM seluruh bank di Indonesia, sehingga aktivitas keuangan jadi lebih fleksibel dan mudah, tidak perlu harus di ATM dengan logo bank tertentu, asal tercantum ATM Bersama, juga sudah bisa bertransaksi. Baik cek saldo, transfer ataupun tarik tunai dari ATM bersama. Tentunya ada tarif dengan bertransaksi antar bank, masing-masing bank mempunyai syarat dan ketentuan. Salah satu tarif yang menarik dengan tarik tunai dari ATM bersama yaitu dengan Kartu ATM dari penyedia layanan perbankan, Bank Maybank.

Bayangkan ketika kalian lagi bepergian ke suatu daerah, lalu ingin tarik tunai tapi hanya tersedia layanan bank lain, tanpa takut dengan tarif yang terpotong dari ATM bersama. Cukup dengan memiliki Kartu ATM/ Debit MAKSI dan MAKSI iB atau Kartu ATM/ Debit Premier Wealth dari Maybank, masalah itu sudah bukan masalah. Karena di kartu atm dari Maybank ini mempunyai tarif dari tarik tunai atm bersama senilai 0 rupiah, alias gratis tarik tunai di jaringan ATM domestik mana saja (ATM Bank lain, jaringan ATM Bersama/Prima/ALTO).

Tabel tarif tarik tunai dari atm bersama dengan Maybank
Tabel tarif tarik tunai dari atm bersama dengan Maybank. Lebih jelas bisa kunjungi halaman ini:  https://www.maybank.co.id/savings/feesandcharge/feescharges

Seperti yang bisa diperhatikan pada gambar tabel di atas, bahwa layanan Tarik Tunai dari masing-masing penyedia layanan ATM domestik, baik di ATM Maybank sendiri maupun dari ATM lainnya seperti ATM PRIMA, ATM BERSAMA juga ATM ALTO dikenakan bebas biaya. Kemudahan inilah yang membuat transaksi keuangan dengan kartu ATM Maybank bisa menjadi salah satu alternatif dalam bertransaksi perbankan tanpa perlu takut dengan potongan tarif yang terkumpul dari transaksi tarik tunai di ATM domestik di Indonesia.

Maybank sendiri merupakan salah satu Bank terbesar di Indonesia yang memiliki ratusan cabang di Indonesia. Kalau dahulu pernah mendengar BII, bank tersebutlah yang menjadi cikal bakal melebarnya sayap Maybank di Indonesia setelah mengakuisisi Bank Internasional Indonesia (BII) pada tahun 2008. Maybank dalam perkembangannya terus berinovasi dan memberikan layanan perbankan seperti Mobile Banking, Internet Banking, Maybank M2U (mobile banking berbasis internet banking) dan berbagai saluran lainnya.