Rahasia Tukang Durian Mengetahui Kondisi Matang Durian

0
47
Penjual durian sedang melihat getah durian.
Apa yang dilakukan penjual durian untuk mengetahui kondisi durian?

Ketika Anda membeli durian, tentu Anda ingin mendapatkan buah yang matang sempurna dan memiliki rasa yang lezat. Namun, bagaimana cara penjual durian mengetahui kondisi buah tersebut? Ternyata, ada beberapa ciri-ciri yang dapat dilihat untuk mengetahui kondisi durian.

Salah satu ciri-ciri durian yang matang adalah kulitnya yang berwarna kuning kehijauan. Selain itu, duri pada kulit durian juga mulai jarang dan mudah patah. Jika Anda mencium aroma durian, maka akan tercium aroma yang kuat dan harum. Durian yang matang juga biasanya terasa berat ketika dipegang.

Untuk mengetahui kondisi durian lebih lanjut, penjual durian biasanya akan mengetuk-ngetuk kulit durian menggunakan jari. Jika terdengar suara yang nyaring, maka durian tersebut sudah matang. Sebaliknya, jika terdengar suara yang samar, maka durian tersebut belum matang.

Dengan memperhatikan ciri-ciri tersebut, penjual durian dapat mengetahui kondisi buah durian dan menentukan harga yang sesuai. Jadi, ketika Anda membeli durian, jangan lupa untuk memperhatikan ciri-ciri tersebut agar mendapatkan buah durian yang matang sempurna dan memiliki rasa yang lezat.

**Apa yang Dilakukan Penjual Durian untuk Mengetahui Kondisi Durian?**

Penjual durian sedang mencium durian.

Durian, si raja buah yang memiliki aroma menyengat dan rasa yang legit, menjadi buah favorit banyak orang. Namun, mencari durian berkualitas baik kadang menjadi tantangan tersendiri.

Bagaimana cara penjual durian mengetahui kondisi durian yang siap santap? Ada beberapa cara yang biasa dilakukan oleh penjual durian untuk mengetahuinya.

**1. Mencium Aroma Durian**

Penjual durian sedang membuka durian.

Aroma durian yang kuat dapat menjadi indikasi kematangan buah. Penjual durian biasanya akan mencium aroma durian untuk mengetahui apakah durian tersebut sudah matang atau belum.

Aroma durian yang manis dan harum menandakan bahwa durian tersebut matang dan siap santap. Sebaliknya, aroma durian yang menyengat dan tajam menandakan bahwa durian tersebut belum matang atau sudah terlalu matang.

**2. Menekan Kulit Durian**

Penjual durian sedang menekan kulit durian.

Kulit durian yang lembek dan mudah ditekan menandakan bahwa durian tersebut sudah matang. Sebaliknya, kulit durian yang keras dan sulit ditekan menandakan bahwa durian tersebut belum matang atau sudah terlalu matang.

**3. Melihat Warna Durian**

Penjual durian sedang melihat warna durian.

Durian yang matang biasanya memiliki warna hijau kekuningan atau kuning kecoklatan. Sebaliknya, durian yang belum matang memiliki warna hijau tua atau hijau muda, sedangkan durian yang sudah terlalu matang memiliki warna coklat tua atau hitam.

**4. Merasakan Durian**

Penjual durian sedang merasakan durian.

Cara paling pasti untuk mengetahui apakah durian sudah matang atau belum adalah dengan mencicipinya. Durian yang matang memiliki rasa yang manis dan legit, sedangkan durian yang belum matang memiliki rasa yang asam atau pahit, dan durian yang sudah terlalu matang memiliki rasa yang lembek dan berbau alkohol.

**5. Mempertimbangkan Ukuran Durian**

Penjual durian sedang mempertimbangkan ukuran durian.

Ukuran durian juga dapat menjadi indikasi kematangan buah. Durian yang matang biasanya memiliki ukuran yang lebih besar daripada durian yang belum matang atau sudah terlalu matang.

**6. Melihat Tangkai Durian**

Penjual durian sedang melihat tangkai durian.

Tangkai durian yang kering dan mudah patah menandakan bahwa durian tersebut sudah matang. Sebaliknya, tangkai durian yang masih hijau dan kuat menandakan bahwa durian tersebut belum matang atau sudah terlalu matang.

**7. Mendengarkan Suara Durian**

Penjual durian sedang mendengarkan suara durian.

Durian yang matang biasanya mengeluarkan suara “krek” atau “kletak” saat ditekan. Sebaliknya, durian yang belum matang atau sudah terlalu matang tidak mengeluarkan suara apa pun saat ditekan.

**8. Melihat Getah Durian**

Penjual durian sedang melihat getah durian.

Durian yang matang

.