Tips Agar Cake Lembut Dan Berminyak

0
609

Tips Agar Cake Lembut Dan BerminyakSource: bing.com

Bagi para pecinta kue, cake adalah salah satu jenis kue yang paling sering dibuat dan dikonsumsi. Namun, terkadang membuat cake yang lembut dan berminyak tidak sesederhana yang dibayangkan. Ada beberapa faktor yang harus diperhatikan agar cake yang dihasilkan memiliki tekstur yang lembut dan berminyak. Berikut adalah beberapa tips agar cake lembut dan berminyak yang bisa kamu coba di rumah.

1. Gunakan Bahan yang Berkualitas

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat cake sangat mempengaruhi hasil akhir dari cake yang dihasilkan. Oleh karena itu, gunakan bahan-bahan yang berkualitas seperti tepung terigu yang memiliki kandungan protein tinggi, telur yang segar, dan mentega atau margarin yang berkualitas. Bahan-bahan berkualitas akan menghasilkan cake yang lebih lembut dan berminyak dibandingkan dengan bahan yang kurang berkualitas.

2. Jangan Terlalu Banyak Mengaduk Adonan

Mengaduk adonan terlalu banyak bisa membuat gluten dalam tepung terigu terbentuk terlalu banyak. Gluten yang terlalu banyak akan membuat cake menjadi keras dan tidak lembut. Oleh karena itu, aduk adonan cake hanya sampai rata saja dan jangan terlalu lama.

3. Gunakan Oven yang Tepat

Pemilihan oven yang tepat juga sangat mempengaruhi hasil akhir dari cake yang dihasilkan. Pastikan oven yang digunakan memiliki suhu yang tepat dan stabil. Jika oven terlalu panas atau terlalu dingin, cake yang dihasilkan tidak akan lembut dan berminyak. Selain itu, pastikan oven yang digunakan bersih dan tidak berdebu.

4. Jangan Terlalu Banyak Menggunakan Gula

Gula memang diperlukan untuk memberikan rasa manis pada cake, namun terlalu banyak menggunakan gula bisa membuat cake menjadi keras dan tidak lembut. Gunakan gula secukupnya saja dan pastikan gula sudah larut sempurna dalam adonan sebelum dimasukkan ke dalam oven.

5. Dinginkan Cake dengan Benar

Setelah cake matang, jangan langsung mengeluarkannya dari oven dan biarkan dingin di suhu ruangan terlebih dahulu. Setelah itu, baru keluarkan cake dari loyang dan biarkan dingin sepenuhnya di atas rak kawat. Dinginkan cake dengan benar akan membuat cake lebih lembut dan tidak mudah rapuh.

6. Simpan Cake dengan Benar

Jika sudah selesai membuat cake, simpan cake dengan benar agar tetap lembut dan berminyak. Simpan cake di dalam wadah kedap udara dan jangan terlalu lama disimpan di suhu ruangan. Sebaiknya simpan cake di dalam kulkas atau freezer agar lebih awet dan lembut.

7. Eksperimen dengan Bahan Lain

Selain bahan-bahan utama seperti tepung terigu, telur, dan gula, kamu juga bisa mencoba menggunakan bahan lain untuk membuat cake yang lebih lembut dan berminyak. Beberapa bahan yang bisa kamu coba antara lain susu cair, yoghurt, atau minyak sayur. Eksperimen dengan bahan lain bisa membuat cake yang dihasilkan lebih lembut dan berminyak.

Pertanyaan yang Sering Diajukan tentang Tips Agar Cake Lembut Dan Berminyak

1. Apakah tepung terigu yang digunakan harus yang khusus untuk cake?

Tidak harus. Namun, tepung terigu yang khusus untuk cake memiliki kandungan protein yang lebih rendah dibandingkan dengan tepung terigu biasa sehingga bisa membuat cake lebih lembut dan berminyak.

2. Berapa lama cake harus didinginkan setelah keluar dari oven?

Setelah keluar dari oven, biarkan cake dingin di suhu ruangan selama kurang lebih 10-15 menit terlebih dahulu. Setelah itu, baru keluarkan cake dari loyang dan biarkan dingin sepenuhnya di atas rak kawat.

3. Apakah cake yang menggunakan margarin bisa tetap lembut dan berminyak?

Bisa. Namun, pastikan menggunakan margarin yang berkualitas dan jangan terlalu banyak menggunakannya.

4. Apakah oven yang digunakan harus oven listrik?

Tidak harus. Kamu juga bisa menggunakan oven gas atau oven arang. Yang penting adalah oven yang digunakan memiliki suhu yang tepat dan stabil.

5. Apakah cake yang disimpan di dalam kulkas atau freezer bisa tetap lembut dan berminyak?

Bisa. Namun, pastikan menyimpan cake di dalam wadah kedap udara dan jangan terlalu lama disimpan di suhu ruangan.

Related video of Tips Agar Cake Lembut Dan Berminyak