Tips Cermat Memilih Warna Bedak yang Tepat Sesuai Skin Tone

0
29
Bagaimana cara memilih warna bedak yang sesuai dengan skin Tone?

Bagaimana Cara Memilih Warna Bedak yang Sesuai dengan Skin Tone?

Memilih warna bedak yang tepat dapat membuat perbedaan besar pada penampilan Anda. Jika Anda memilih warna yang salah, wajah Anda dapat terlihat pucat, kusam, atau bahkan belang-belang. Sebaliknya, jika Anda memilih warna yang tepat, wajah Anda akan terlihat lebih cerah, segar, dan bercahaya.

Kesulitan Memilih Warna Bedak yang Tepat

Salah satu kesulitan dalam memilih warna bedak yang tepat adalah karena warna kulit setiap orang berbeda-beda. Ada yang berkulit terang, sedang, atau gelap. Ada juga yang berkulit kuning langsat, sawo matang, atau putih kemerahan. Selain itu, warna kulit juga dapat berubah-ubah tergantung pada kondisi cuaca dan paparan sinar matahari.

Cara Memilih Warna Bedak yang Tepat

Untuk memilih warna bedak yang tepat, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, yaitu:

  • Kenali warna kulit Anda. Sebelum memilih warna bedak, Anda perlu mengetahui warna kulit Anda terlebih dahulu. Anda dapat melihat warna kulit Anda di bagian dalam lengan Anda. Jika warna kulit Anda pucat, maka Anda termasuk dalam kategori kulit terang. Jika warna kulit Anda kuning langsat atau sawo matang, maka Anda termasuk dalam kategori kulit sedang. Jika warna kulit Anda gelap, maka Anda termasuk dalam kategori kulit gelap.
  • Pilih warna bedak yang satu tingkat lebih terang dari warna kulit Anda. Warna bedak yang terlalu gelap dapat membuat wajah Anda terlihat kusam dan belang-belang. Sebaliknya, warna bedak yang terlalu terang dapat membuat wajah Anda terlihat pucat dan tidak bernyawa. Oleh karena itu, sebaiknya Anda memilih warna bedak yang satu tingkat lebih terang dari warna kulit Anda.
  • **Pertimbangkan warna *undertone* kulit Anda.** Selain warna kulit, Anda juga perlu mempertimbangkan warna undertone kulit Anda. Undertone kulit adalah warna yang muncul di bawah permukaan kulit Anda. Undertone kulit dapat berupa hangat, dingin, atau netral. Untuk mengetahui undertone kulit Anda, Anda dapat melihat warna urat nadi Anda. Jika urat nadi Anda berwarna biru atau ungu, maka undertone kulit Anda dingin. Jika urat nadi Anda berwarna hijau, maka undertone kulit Anda hangat. Jika urat nadi Anda berwarna biru kehijauan, maka undertone kulit Anda netral.
  • **Pilih warna bedak yang sesuai dengan *undertone* kulit Anda.** Jika undertone kulit Anda dingin, pilihlah warna bedak dengan undertone dingin, seperti merah muda, biru, atau ungu. Jika undertone kulit Anda hangat, pilihlah warna bedak dengan undertone hangat, seperti kuning, oranye, atau merah. Jika undertone kulit Anda netral, Anda dapat memilih warna bedak dengan undertone dingin atau hangat, tergantung pada preferensi Anda.

Dengan mengikuti tips di atas, Anda dapat memilih warna bedak yang tepat untuk kulit Anda. Pilihlah warna bedak yang sesuai dengan warna kulit dan undertone kulit Anda, agar wajah Anda terlihat lebih cerah, segar, dan bercahaya.

Bagaimana Memilih Warna Bedak yang Sesuai dengan Skin Tone?

Pendahuluan

Bedak merupakan salah satu produk kecantikan yang penting untuk dimiliki oleh setiap wanita. Bedak berfungsi untuk menyerap minyak berlebih pada wajah, menyamarkan noda dan bekas jerawat, serta memberikan tampilan wajah yang lebih halus dan flawless. Namun, memilih warna bedak yang tepat sangatlah penting agar sesuai dengan skin tone dan tidak membuat wajah terlihat menor atau pucat.

1. Kenali Jenis Kulit Anda

Langkah pertama dalam memilih warna bedak yang tepat adalah mengenali jenis kulit Anda. Apakah kulit Anda berminyak, kering, normal, atau kombinasi? Mengetahui jenis kulit Anda akan membantu Anda menentukan jenis bedak yang tepat.

2. Perhatikan Warna Kulit Anda

Warna kulit Anda juga menjadi faktor penting dalam memilih warna bedak. Jika Anda memiliki kulit terang, pilihlah bedak dengan warna yang lebih terang daripada warna kulit Anda. Sebaliknya, jika Anda memiliki kulit gelap, pilihlah bedak dengan warna yang lebih gelap daripada warna kulit Anda.

3. Uji Warna Bedak di Wajah Anda

Cara terbaik untuk mengetahui apakah warna bedak sudah tepat untuk Anda adalah dengan mengujinya langsung di wajah Anda. Aplikasikan sedikit bedak pada area pipi dan leher Anda. Lihat apakah warna bedak tersebut menyatu dengan kulit Anda dan tidak membuat wajah Anda terlihat pucat atau menor.

4. Perhatikan Hasil Akhir yang Diinginkan

Saat memilih warna bedak, pertimbangkan juga hasil akhir yang Anda inginkan. Apakah Anda ingin hasil akhir yang matte, dewy, atau satin? Hasil akhir yang matte akan memberikan tampilan wajah yang lebih halus dan bebas minyak, sedangkan hasil akhir yang dewy akan memberikan tampilan wajah yang lebih lembab dan bercahaya.

5. Sesuaikan dengan Acara

Selain mempertimbangkan jenis kulit, warna kulit, dan hasil akhir yang diinginkan, Anda juga perlu menyesuaikan warna bedak dengan acara yang akan Anda hadiri. Untuk acara formal seperti pesta atau pernikahan, pilihlah bedak dengan warna yang lebih gelap daripada warna kulit Anda. Sedangkan untuk acara kasual seperti jalan-jalan atau belanja, pilihlah bedak dengan warna yang lebih terang daripada warna kulit Anda.

6. Pilih Bedak yang Tahan Lama

Saat memilih bedak, pastikan Anda memilih bedak yang tahan lama. Bedak yang tahan lama akan membuat wajah Anda terlihat flawless sepanjang hari. Anda bisa memilih bedak yang mengandung oil-control atau waterproof agar lebih tahan lama.

7. Hindari Bedak yang Mengandung Talc

Jika Anda memiliki kulit sensitif, sebaiknya hindari menggunakan bedak yang mengandung talc. Talc adalah mineral yang dapat menyebabkan iritasi pada kulit sensitif.

8. Bersihkan Wajah Sebelum Menggunakan Bedak

Sebelum menggunakan bedak, pastikan Anda membersihkan wajah terlebih dahulu. Bersihkan wajah Anda dengan sabun pembersih yang lembut dan air hangat. Setelah itu, keringkan wajah Anda dengan handuk bersih.

9. Gunakan Primer Sebelum Menggunakan Bedak

Jika Anda ingin bedak Anda bertahan lebih lama, gunakan primer sebelum menggunakan bedak. Primer akan membantu menghaluskan permukaan kulit dan membuat bedak lebih mudah menempel.

10. Aplikasikan Bedak dengan Spons atau Kuas

Anda bisa mengaplikasikan bedak dengan menggunakan spons atau kuas. Jika Anda menggunakan spons, basahi spons dengan sedikit air sebelum mengaplikasikan bedak. Sedangkan jika Anda menggunakan kuas, pilihlah kuas yang lembut dan berbulu halus.

Tips Memilih Warna Bedak

  • Jika Anda memiliki kulit terang, pilihlah bedak dengan warna ivory, beige, atau pink muda.
  • Jika Anda memiliki kulit sedang, pilihlah bedak dengan warna beige, honey, atau caramel.
  • Jika Anda memiliki kulit gelap, pilihlah bedak dengan warna chocolate, mocha, atau espresso.
  • Jika Anda memiliki kulit kuning langsat, pilihlah bedak dengan warna warm beige, golden beige, atau honey.

Kesimpulan

Memilih warna bedak yang tepat sangatlah penting agar sesuai dengan skin tone dan tidak membuat wajah terlihat menor atau pucat. Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda bisa memilih warna bedak yang tepat untuk Anda dan membuat wajah Anda terlihat lebih cantik dan flawless.

FAQ

  1. Apa yang harus dilakukan jika warna bedak tidak sesuai dengan skin tone?

Jika warna bedak tidak sesuai dengan skin tone, Anda bisa mencoba mencampurnya dengan bedak lain yang lebih terang atau lebih gelap. Anda juga bisa menggunakan bronzer atau blush on untuk memperbaiki warna bedak.

  1. Apa bedanya bedak tabur dan bedak padat?

Bedak tabur memiliki tekstur yang lebih ringan dan mudah diaplikasikan. Bedak padat memiliki tekstur yang lebih padat dan lebih tahan lama.

  1. Apakah bedak bisa digunakan untuk menutupi jerawat?

Bedak dapat digunakan untuk menutupi jerawat, namun sebaiknya gunakan bedak yang mengandung bahan-bahan yang dapat membantu merawat kulit berjerawat, seperti salicylic acid atau tea tree oil.

  1. Bagaimana cara membersihkan bedak dari wajah?

Bersihkan bedak dari wajah menggunakan micellar water atau cleansing oil. Setelah itu, bilas wajah Anda dengan air hangat dan gunakan sabun pembersih yang lembut.

  1. Apakah bedak bisa digunakan setiap hari?

Bedak dapat digunakan setiap hari, namun sebaiknya jangan terlalu tebal. Gunakan bedak secukupnya untuk menyerap minyak berlebih dan menyamarkan noda serta bekas jerawat.

.