Tips Memakai Softlens Untuk Mata Minus

0
326

Tips Memakai Softlens Untuk Mata MinusSource: bing.com

Mata minus memang sering membuat Anda merasa tidak nyaman saat menggunakan kacamata. Namun, sekarang ini softlens bisa menjadi solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Namun, sebelum memutuskan untuk memakai softlens, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar penggunaan softlens tidak menimbulkan masalah pada mata. Berikut ini adalah beberapa tips memakai softlens untuk mata minus yang perlu Anda ketahui.

Pilih Softlens yang Tepat

Pertama-tama, Anda perlu memilih jenis softlens yang tepat untuk mata minus. Ada beberapa jenis softlens yang bisa dipilih, seperti softlens spheral, toric, dan multifokal. Softlens spheral bisa digunakan untuk mengatasi mata minus biasa, sedangkan softlens toric digunakan untuk mengatasi astigmatisme. Sedangkan softlens multifokal digunakan untuk mengatasi presbiopia atau mata tua. Pilihlah jenis softlens yang sesuai dengan kondisi mata Anda.

Selain itu, Anda juga perlu memilih diameter dan kurvatur yang tepat. Ukuran yang salah bisa membuat softlens tidak nyaman digunakan dan bahkan bisa merusak kesehatan mata. Konsultasikan dengan dokter spesialis mata untuk memilih ukuran yang tepat.

Bersihkan Softlens dengan Benar

Softlens yang kotor bisa menyebabkan infeksi pada mata. Oleh karena itu, Anda perlu membersihkan softlens dengan benar sebelum dan setelah menggunakannya. Gunakan cairan pembersih softlens yang direkomendasikan oleh dokter spesialis mata dan jangan menggunakan air biasa atau air mineral. Setelah membersihkan softlens, jangan lupa untuk menyimpannya di dalam wadah softlens yang bersih dan kering.

Selain itu, hindari menggunakan softlens yang sudah melewati masa pakai yang dianjurkan. Biasanya, softlens hanya bisa digunakan selama 1-2 bulan, tergantung jenis dan mereknya. Jangan pernah menggunakan softlens yang sudah kadaluarsa atau rusak.

Gunakan Softlens dengan Benar

Saat menggunakan softlens, pastikan tangan Anda dalam keadaan bersih dan kering. Jangan pernah memakai softlens dengan tangan yang kotor atau basah. Selain itu, pastikan juga menggunakan softlens sesuai dengan cara pemakaian yang benar. Biasanya, softlens dipakai pada pagi hari dan dilepas pada malam hari sebelum tidur. Jangan pernah tidur dengan softlens yang masih dipakai, kecuali dokter spesialis mata memberikan rekomendasi lain.

Jangan lupa untuk selalu membawa cairan pembersih dan wadah softlens saat bepergian. Jika mata terasa kering atau tidak nyaman saat menggunakan softlens, segera lepas dan istirahatkan mata Anda. Jangan memaksa menggunakan softlens jika terjadi iritasi atau infeksi pada mata.

Periksakan Mata secara Rutin

Terakhir, periksakan mata secara rutin ke dokter spesialis mata. Dokter bisa memeriksa kesehatan mata Anda dan memberikan saran yang tepat mengenai penggunaan softlens. Selain itu, dokter juga bisa menyarankan jenis softlens yang tepat untuk mata Anda.

Saat periksa mata, jangan lupa untuk membawa softlens yang digunakan. Dokter akan memeriksa kebersihan dan kondisi softlens serta memberikan saran yang tepat untuk perawatannya.

Kesimpulan

Menggunakan softlens untuk mata minus bisa menjadi solusi yang tepat untuk mengatasi kacamata yang tidak nyaman. Namun, perlu diingat bahwa penggunaan softlens juga memiliki risiko jika tidak dilakukan dengan benar. Pastikan Anda memilih jenis softlens yang tepat, membersihkannya dengan benar, menggunakan dengan benar, dan tetap memeriksakan mata secara rutin ke dokter spesialis mata.

Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan tangan dan wadah softlens, serta menghindari penggunaan softlens yang sudah melewati masa pakai yang dianjurkan. Dengan memperhatikan tips memakai softlens untuk mata minus ini, Anda bisa menggunakan softlens dengan nyaman dan aman.

Pertanyaan yang Sering Diajukan

1. Apakah semua orang bisa menggunakan softlens?

Tidak semua orang bisa menggunakan softlens. Ada beberapa kondisi mata yang tidak memungkinkan penggunaan softlens, seperti keratokonus, infeksi mata, dan alergi. Konsultasikan dengan dokter spesialis mata sebelum memutuskan untuk menggunakan softlens.

2. Apakah penggunaan softlens bisa merusak mata?

Penggunaan softlens yang tidak benar bisa menyebabkan infeksi pada mata dan bahkan kerusakan permanen pada mata. Oleh karena itu, pastikan Anda menggunakan softlens dengan benar dan selalu memeriksakan mata secara rutin ke dokter spesialis mata.

3. Berapa lama softlens bisa digunakan?

Softlens biasanya hanya bisa digunakan selama 1-2 bulan, tergantung jenis dan mereknya. Jangan pernah menggunakan softlens yang sudah melewati masa pakai yang dianjurkan.

4. Apakah softlens bisa digunakan saat berenang?

Tidak disarankan menggunakan softlens saat berenang karena risiko infeksi dan iritasi pada mata yang tinggi. Lebih baik menggunakan kacamata renang dengan koreksi minus atau menggunakan softlens harian yang bisa dibuang setelah digunakan.

5. Apakah bisa menggunakan softlens saat tidur?

Tidak disarankan menggunakan softlens saat tidur karena risiko infeksi yang tinggi dan bisa menyebabkan kerusakan permanen pada mata. Selalu lepaskan softlens sebelum tidur dan istirahatkan mata Anda.

Related video of Tips Memakai Softlens Untuk Mata Minus