Tips Menghilangkan Jerawat Dan Bekasnya

0
837

Tips Menghilangkan Jerawat Dan BekasnyaSource: bing.com

Jerawat dan bekasnya memang bisa membuat kita tidak percaya diri. Jerawat bisa muncul kapan saja, bahkan saat kita sedang tidak mengharapkannya. Ada beberapa faktor yang menyebabkan jerawat, seperti hormon, kebersihan kulit yang kurang, dan penggunaan produk kosmetik yang tidak cocok dengan jenis kulit. Namun, jangan khawatir karena ada beberapa tips yang bisa kamu coba untuk menghilangkan jerawat dan bekasnya.

Menjaga Kebersihan Kulit

Menjaga kebersihan kulit adalah hal yang paling penting dalam menghindari jerawat. Membersihkan wajah dua kali sehari dengan sabun yang cocok dengan jenis kulitmu adalah salah satu cara terbaik untuk menjaga kebersihan kulit. Selain itu, jangan lupa untuk membersihkan wajah setelah berolahraga atau berkeringat.

Selain membersihkan wajah, kamu juga perlu menjaga kebersihan benda-benda yang sering bersentuhan dengan wajah, seperti handphone, bantal, atau helm. Kuman-kuman yang menempel pada benda-benda tersebut bisa menyebabkan jerawat.

Menggunakan Produk Kosmetik yang Tepat

Menggunakan produk kosmetik yang cocok dengan jenis kulitmu juga sangat penting untuk menghindari jerawat. Pilihlah produk kosmetik yang tidak mengandung zat yang dapat memicu timbulnya jerawat, seperti minyak, pewangi, atau alkohol.

Selain itu, pastikan juga bahwa produk kosmetik yang kamu gunakan tidak mengandung bahan-bahan yang dapat menyebabkan iritasi pada kulitmu. Jika kulitmu terasa gatal, kemerahan, atau mengelupas setelah menggunakan produk kosmetik, segera hentikan penggunaannya.

Menggunakan Bahan Alami

Selain produk kosmetik, kamu juga bisa menggunakan bahan-bahan alami untuk menghilangkan jerawat dan bekasnya. Beberapa bahan alami yang bisa kamu gunakan antara lain:

  • Madu: Madu memiliki sifat anti-bakteri dan anti-inflamasi yang dapat membantu menghilangkan jerawat.
  • Jeruk nipis: Jeruk nipis mengandung asam sitrat yang dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati yang menyebabkan jerawat.
  • Tomat: Tomat mengandung asam askorbat yang dapat membantu memudarkan bekas jerawat.

Untuk menggunakannya, cukup oleskan bahan-bahan tersebut pada wajahmu dan biarkan selama beberapa menit sebelum dibilas dengan air bersih.

Menghindari Squeezing Jerawat

Squeezing jerawat memang terlihat menggoda, namun jangan pernah melakukannya. Squeezing jerawat bisa menyebabkan infeksi dan bahkan meninggalkan bekas luka yang sulit dihilangkan.

Jika jerawatmu terasa sangat mengganggu, cobalah menggunakan obat jerawat yang dijual di apotek. Namun, pastikan bahwa obat jerawat yang kamu gunakan tidak mengandung bahan-bahan yang berbahaya atau mengiritasi kulit.

Menggunakan Sinar UV

Sinar UV memang bisa merusak kulit, namun sinar UV juga dapat membantu menghilangkan jerawat dan bekasnya. Sinar UV dapat membunuh bakteri penyebab jerawat dan mempercepat proses penyembuhan bekas jerawat.

Namun, pastikan untuk tidak terlalu sering terkena sinar UV karena bisa menyebabkan kulitmu terbakar dan memicu timbulnya jerawat baru.

Konsumsi Makanan Sehat

Makanan yang kamu konsumsi juga dapat mempengaruhi kondisi kulitmu. Makanan yang mengandung banyak gula atau lemak jenuh bisa memicu timbulnya jerawat. Sebaliknya, makanan yang mengandung banyak serat dan vitamin bisa membantu menjaga kesehatan kulitmu.

Jangan lupa untuk minum banyak air putih agar kulitmu tetap terhidrasi dan sehat.

Penggunaan Masker Wajah

Masker wajah sudah menjadi rutinitas bagi sebagian orang dalam merawat kulit wajah. Selain memberikan kelembapan pada kulit, masker wajah juga dapat membantu mengatasi jerawat dan bekasnya.

Pilihlah masker wajah yang sesuai dengan jenis kulitmu dan jangan lupa untuk melakukan tes alergi terlebih dahulu sebelum menggunakannya. Lakukan penggunaan masker wajah secara teratur untuk hasil yang maksimal.

Tips Menghilangkan Jerawat Dan BekasnyaSource: bing.com

Mengkonsumsi Suplemen

Mengkonsumsi suplemen juga dapat membantu menghilangkan jerawat dan bekasnya. Beberapa suplemen yang dapat membantu melawan jerawat dan bekasnya antara lain:

  • Vitamin A: Vitamin A dapat membantu mengurangi produksi minyak berlebih pada kulit dan mempercepat proses regenerasi kulit.
  • Zinc: Zinc memiliki sifat anti-inflamasi dan dapat membantu mengurangi peradangan pada kulit akibat jerawat.
  • Vitamin C: Vitamin C dapat membantu mempercepat penyembuhan bekas jerawat dan mencerahkan kulit.

Namun, pastikan untuk mengonsumsi suplemen tersebut sesuai dengan dosis yang dianjurkan dan konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter jika kamu memiliki kondisi kesehatan tertentu.

Kesimpulan

Menghilangkan jerawat dan bekasnya memang tidak mudah, namun dengan menjaga kebersihan kulit, menggunakan produk kosmetik yang tepat, dan menghindari squeezing jerawat, kamu sudah bisa mengurangi risiko timbulnya jerawat. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan bahan alami, penggunaan sinar UV, dan suplemen untuk membantu menghilangkan jerawat dan bekasnya.

Namun, jika jerawatmu terus muncul dan sulit diatasi, sebaiknya konsultasikan dengan dokter kulit untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

Pertanyaan yang Sering Diajukan

1. Apakah terlalu sering mencuci wajah bisa menyebabkan jerawat?

Tidak, membersihkan wajah secara teratur justru bisa membantu menghindari jerawat. Namun, pastikan untuk tidak terlalu sering mencuci wajah karena bisa membuat kulit menjadi kering dan iritasi.

2. Apakah jeruk nipis bisa memicu timbulnya jerawat?

Tidak, jeruk nipis justru mengandung asam sitrat yang dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati yang menyebabkan jerawat. Namun, pastikan untuk tidak terlalu sering menggunakan jeruk nipis karena bisa membuat kulit menjadi kering.

3. Apakah konsumsi makanan berlemak bisa menyebabkan jerawat?

Ya, konsumsi makanan berlemak bisa memicu timbulnya jerawat. Sebaiknya konsumsi makanan yang mengandung banyak serat dan vitamin untuk menjaga kesehatan kulit.

4. Apakah suplemen dapat membantu menghilangkan jerawat?

Ya, beberapa suplemen seperti vitamin A, zinc, dan vitamin C dapat membantu melawan jerawat dan bekasnya. Namun, pastikan untuk mengonsumsinya sesuai dengan dosis yang dianjurkan dan konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter jika kamu memiliki kondisi kesehatan tertentu.

5. Apakah masker wajah bisa membantu menghilangkan jerawat?

Ya, masker wajah dapat membantu mengatasi jerawat dan bekasnya. Namun, pastikan untuk memilih masker wajah yang sesuai dengan jenis kulitmu dan melakukan tes alergi terlebih dahulu sebelum menggunakannya.

Related video of Tips Menghilangkan Jerawat Dan Bekasnya