Tips Mewarnai Rambut yang Wajib Kamu Ketahui

0
339

Mewarnai rambut bisa menjadi cara yang baik untuk mengubah penampilanmu tanpa harus mengubah potongan rambutmu. Akan tetapi, sebelum kamu memutuskan untuk mewarnai rambutmu, ada beberapa hal yang perlu kamu pertimbangkan terlebih dahulu. Untuk membantumu mendapatkan hasil terbaik dari mewarnai rambut, berikut adalah beberapa tips yang dapat kamu ikuti.

Pilihlah Warna yang Cocok dengan Kulitmu

Tips Mewarnai RambutSource: bing.com

Sebelum memutuskan untuk mewarnai rambutmu, pastikan kamu memilih warna yang cocok dengan warna kulitmu. Warna rambut yang salah bisa membuat wajahmu terlihat kusam atau pucat. Ada beberapa cara untuk mengetahui warna yang cocok dengan kulitmu. Jika kulitmu cenderung berwarna hangat, seperti cokelat atau keemasan, maka warna rambut yang cocok untukmu adalah warna yang hangat seperti merah atau cokelat. Sedangkan jika kulitmu cenderung berwarna dingin, seperti pink atau biru, maka warna rambut yang cocok untukmu adalah warna dingin seperti abu-abu atau biru.

Namun, jika kamu masih bingung untuk memilih warna yang cocok dengan kulitmu, kamu bisa meminta saran dari penata rambut atau ahli warna rambut.

Perhatikan Kondisi Rambutmu

Sebelum mewarnai rambutmu, pastikan bahwa rambutmu dalam keadaan sehat dan tidak rusak. Jika rambutmu rusak atau kering, mewarnainya bisa membuatnya semakin rusak dan kering. Sebaiknya kamu menunda untuk mewarnai rambutmu sampai rambutmu dalam keadaan sehat. Jika kamu ingin tetap mewarnai rambutmu, pastikan kamu merawat rambutmu dengan baik dan menggunakan produk perawatan rambut yang tepat.

Selain itu, perhatikan juga apakah rambutmu sebelumnya sudah diwarnai atau tidak. Jika rambutmu sebelumnya sudah diwarnai, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat mewarnainya kembali. Jangan mewarnai rambutmu terlalu sering atau terlalu cepat setelah mewarnainya sebelumnya, karena hal ini bisa membuat rambutmu rusak dan kering.

Gunakan Produk Warna Rambut yang Berkualitas

Pilihlah produk warna rambut yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhanmu. Produk yang berkualitas bisa membuat hasil warna rambutmu lebih tahan lama dan tidak mudah pudar. Selain itu, produk yang berkualitas juga bisa lebih aman untuk digunakan dan tidak merusak rambutmu.

Sebelum mengaplikasikan produk warna rambut, pastikan kamu membaca petunjuk penggunaan terlebih dahulu. Jangan lupa untuk menggunakan sarung tangan saat mengaplikasikan produk warna rambut, karena produk tersebut bisa membuat warna kulitmu berubah.

Lakukan Uji Coba Terlebih Dahulu

Sebelum mewarnai rambutmu secara keseluruhan, sebaiknya kamu melakukan uji coba terlebih dahulu. Kamu bisa mencoba mewarnai beberapa helai rambut terlebih dahulu untuk melihat hasil warnanya. Hal ini bisa membantumu untuk mengetahui apakah warna tersebut cocok denganmu atau tidak.

Jika kamu telah melakukan uji coba dan tidak puas dengan hasilnya, jangan khawatir. Kamu masih bisa mencoba warna rambut yang lain sampai kamu menemukan warna yang cocok denganmu.

Rutin Merawat Rambut yang Sudah Diwarnai

Setelah kamu mewarnai rambutmu, pastikan kamu merawat rambutmu dengan baik agar warnanya tetap tahan lama dan rambutmu tetap sehat. Kamu bisa menggunakan produk perawatan rambut yang khusus untuk rambut yang sudah diwarnai. Produk ini bisa membantu menjaga kelembapan rambutmu dan mencegah warna rambutmu pudar.

Selain itu, hindari penggunaan produk perawatan rambut yang mengandung alkohol atau bahan-bahan keras lainnya, karena hal ini bisa membuat rambutmu semakin rusak dan kering.

FAQ

1. Apakah mewarnai rambut bisa merusak rambut?

Mewarnai rambut bisa merusak rambutmu jika kamu tidak melakukannya dengan benar atau jika rambutmu dalam kondisi yang rusak atau kering. Namun, jika kamu melakukannya dengan benar dan merawatnya dengan baik, mewarnai rambut tidak akan merusak rambutmu.

2. Berapa lama warna rambut bisa bertahan?

Berapa lama warna rambutmu bisa bertahan tergantung pada jenis produk warna rambut yang kamu gunakan dan bagaimana kamu merawat rambutmu setelah mewarnainya. Produk warna rambut yang berkualitas bisa membuat warna rambutmu bertahan hingga beberapa minggu atau bahkan beberapa bulan.

3. Apa yang harus dilakukan jika warna rambutmu pudar?

Jika warna rambutmu pudar, kamu bisa mencoba menggunakan produk perawatan rambut yang khusus untuk rambut yang sudah diwarnai. Produk ini bisa membantu menjaga kelembapan rambutmu dan mencegah warna rambutmu pudar. Jika warna rambutmu masih pudar, kamu bisa mencoba untuk mewarnainya kembali.

4. Apa yang harus dilakukan jika warna rambutmu tidak cocok?

Jika warna rambutmu tidak cocok, kamu bisa mencoba warna rambut yang lain sampai kamu menemukan warna yang cocok denganmu. Namun, sebaiknya kamu menunggu beberapa minggu atau bahkan beberapa bulan sebelum mewarnai rambutmu kembali, karena hal ini bisa membuat rambutmu semakin rusak dan kering.

5. Apakah bisa mewarnai rambut di rumah?

Ya, kamu bisa mewarnai rambut di rumah. Namun, pastikan kamu menggunakan produk warna rambut yang berkualitas dan mengikuti petunjuk penggunaan dengan benar agar hasilnya maksimal.

Related video of Tips Mewarnai Rambut yang Wajib Kamu Ketahui