Apple Segera Blokir Virus WireLurker Yang Menyerang iOS

0
652
Virus Wirelucker Pada Iphone Ipad (reuter)
Virus Wirelucker Pada Iphone Ipad (reuter)

MBNews, Produk Apple yang merupakan salah satu produk gadget terkemuka dan cuukup bersaing, minggu ini mendapat kabar buruk bahwa adanya virus WireLurker yang menyerang perangkat mobile berbasis iOS dan komputer MAC OS X. Tak menunggu lama lagi, Apple segera memblokir pengunduhan atau pemasangan aplikasi yang terinfeksi program jahat WireLurker, Kamis (6/11/2014).

Palo Alto Networks mengatakan, saat ini program jahat itu banyak tersebar di Tiongkok. Ia telah menginfeksi 400 aplikasi yang dirancang untuk Mac OS X melalui toko aplikasi pihak ketiga untuk perangkat Apple.

“Kami menyadari peranti lunak berbahaya yang tersedia dari situs lain ditujukan kepada pengguna di Tiongkok, dan kami telah memblokir aplikasi yang diidentifikasi terinfeksi untuk mencegah mereka,” kata Apple dalam sebuah email kepada Reuters.

Apple menyarankan agar pengguna selalu mengunduh dan memasang aplikasi dari toko yang terpercaya, dalam hal ini Mac App Store dan iOS App Store.

WireLurker diprediksi telah hidup selama 6 bulan terakhir. Palo Alto Networks memprediksi bahwa 467 aplikasi yang terinfeksi itu telah diunduh sebanyak 356.104 kali dan mungkin telah memengaruhi ratusan ribu pengguna.

Begitu menginfeksi, program jahat itu dapat mengakses daftar kontak pada perangkat, membaca pesan teks iMessage, dan secara teratur mengirim pembaruan informasi kepada server milik peretas.(cnnindonesia.com/XYD)