PMI Tarakan Siap Antisipasi Kantong Darah Selama Ramadan

0
617
kantong darah (google)
kantong darah (google)
kantong darah (google)

MBNews, Tarakan – Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Tarakan melakukan antisipasi kekurangan ketersediaan darah menjelang bulan ramadhan, dengan membentuk team yang turun kelapangan, mencari masyarakat yang mau mendonorkan darah.

Kepala Unit Donor Darah PMI Tarakan Dokter Edy Samudro mengatakan, selama Ramadan kebutuhan akan kantong darah tidak berkurang, namun yang menjadi persoalan adalah minimnya masyarakat yang mendonorkan darah.

“Belajar dari Ramadan tahun lalu, masyarakat yang mendonorkan darah sangat minim, sehingga untuk memenuhi stock persediaan kantong darah PMI membentuk team yang turun kemasyarakat.” Ucap Dr. Edy Samudro, Minggu (21/06/2014).

Lebih Lanjut Dokter Edy Samudro menuturkan, jika masyarakat ingin melakukan donor darah di bulan ramadhan, diminta untuk melakukannya pada saat malam Hari setelah berbuka puasa atau setelah menunaikan soholat Tarawih.

“Waktu yang tepat untuk berdonor dibulan puasa, baiknya dilakukan pada malam hari sesudah berbuka atau setelah shalat tarawih.” Kata Dr. Edy.

Sesuai dengan data PMI Tarakan tahun 2014, masyarakat cukup sadar akan pentingnya berdonor, dari bulan Januari hingga Mei sebanyak 1.735 kantong darah berhasil dikumpulkan, dengan rincian golongan darah A sebanyak 441 kantong, golongan darah B sebanyak 476 kantong, golongan darah O ada 681 kantong, dan golongan darah AB sebanyak 137 kantong. (CTR/RUN)