Kesadaran Berzakat Meningkat, Baznas Tarakan menargetkan Rp. 6 Milyar Terhimpun

0
369
Syamsi Sarman S.Pd (run)
Syamsi Sarman S.Pd (run)
Syamsi Sarman S.Pd (run)

MBNews, Tarakan – Badan Amil Zakat nasional (Baznas) Kota Tarakan pada ramadan 1435 H tahun ini, menargetkan menghimpun keseluruhan dana zakat hingga Rp. 6 Milyar. Rasa optimis Baznas tersebut bukan tanpa alasan, mengingat pada ramadan tahun lalu Baznas Tarakan menargetkan mampu mengumpulkan dana zakat hingga Rp. 5 Milyar.

“Belajar dari tahun lalu, maka pada ramadan kali ini baznas optimis mampu menghimpun dana zakat hingga Rp. 6 Milyar.” Kata Syamsi Sarman S.Pd Ketua Pelaksana Baznas Tarakan, Minggu (22/06/2014).

Syamsi menjelaskan, target Rp. 6 Milyar tersebut merupakan target kinerja dalam setahun. Dan Baznas bekerja seperti apa adanya, dimulai dari Januari hingga Desember 2014 penghimpunan dana zakat dilakukan, namun pemasukan terbesar ada dibulan ramadan.

Dalam perkembangan mengelola zakat, Syamsi mengakui kesadaran warga Tarakan dalam berzakat setiap ramadan meningkat, khususnya untuk zakat maal (zakat harta) dan infaq. Meningkatnya kesadaran tersebut merupakan buah dari gencarnya sosialisasi yang dilakukan Baznas selama ini.

“Untuk infaq dan zakat harta, menurut catatan yang ada dibaznas mengalami peningkatan, yang biasanya dalam sebulan hanya Rp. 100 juta, maka sekarang dari zakat maal maupun infaq dalam sebulannya bisa mencapai Rp. 150 juta.” ungkap Syamsi. (RUN/HFA)