Cara Mengatasi Kartu Memori Tidak Terbaca di Android

0
1605
Cara Mengatasi Kartu Memori Tidak Terbaca di Android
Cara Mengatasi Kartu Memori Tidak Terbaca di Android
Cara Mengatasi Kartu Memori Tidak Terbaca di Android
Cara Mengatasi Kartu Memori Tidak Terbaca di Android

Mempunyai android menjadi kesenangan tersendiri bagi penggunanya. Banyak orang yang merasa terbatu dengan banyaknya aplikasi yang dapat diunduh dengan mudah di Play Store. Dengan android, beberapa keperluan lain seperti komunikasi dan hiburan pun bisa didapat dengan mudah. Android membuat pengguna lebih cepat melakukan koneksi karena penggunaan layar sentuhnya. Namun untuk beberapa orang yang belum menguasai teknologi baru ini dengan baik, terkadang timbul beberapa permasalahan teknis. Terkadang kartu memori tidak terbaca di android. Untuk itu, anda perlu cara mengatasinya. Dengan begitu, anda bisa menyelesaikan permasalahan dengan mudah.

Solusi Kartu Memori Tidak Terbaca di Android. Berikut cara mengatasi kartu memori tidak terbaca di android adalah sebagai berikut:

1.    Menggunakan penghapus pensil

Jika kartu memori tidak terbaca di android, anda cukup mengeluarkan memori dari hp. Terlebih dahulu, anda harus mematikan hp. Bersihkan lempengan kuning pada kartu memori dengan penghapus pensil warna putih. Bersihkan sampai bersih dan masukkan kembali ke hp. Setelah itu, nyalakan hp dan lihat hasilnya apakah sudah terbaca atau belum.

2.    Masuk ke setting

Jika kartu memori tidak terbaca di smartphone, anda bisa menggunakan cara kedua, yaitu dengan masuk ke Setting, lalu masuk ke Storage dan pilih Erase SD Card. Ini akan seperti mereset kartu memori anda. Jika kerusakannya tidak parah, maka memori akan segera terbaca.

3.    Hubungkan dengan PC

Jika kedua cara diatas tetap tidak bisa mengatasi kartu memori tidak terbaca di smartphone, anda bisa menghubungkan hp dengan PC atau laptop. Hubungkan degan kabel data dan klik kanan drive kartu memory melalui Windows Properties, lalu masuk ke Properties, kemudian masuk lagi ke Tools dan pilih Error Checking. Dalam pilihan yang ada, centang semuanya dan klik eject. Setelah itu, masukkan lagi memori ke dalam android dan lihat hasilnya apakah sudah terbaca atau belum.

Cara mengatasi kartu memori tidak terbaca di smartphone diatas merupakan cara mudah untuk kerusakan yang tidak terlalu parah. Jika memori rusak parah, anda tentu tidak bisa menggunakannya kembali.