Melebarkan Sayap, KPK Akan Buka Cabang Di 3 Zona Wilayah Indonesia

0
383
KPK Saat Penyelidikan (viva)
KPK Saat Penyelidikan (viva)

MBNews, Melebarkan Sayap, KPK Akan Buka Cabang Di 3 Zona Wilayah Indonesia. Melihat pertumbuhan pidana korupsi yang masih melenggang cukup tinggi dari tahun ke tahunnya, Komisi Pemberantas Korupsi berencana membuka kantor cabang di 3 zona wilayah yaitu zona barat, tengah dan timur.

Cabang KPK di zona barat akan berdiri di Kota Medan, Sumatera Utara. Zona tengah kantornya akan berlokasi di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur. Sedangkan cabang zona timur akan dibuka KPK di Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

“Tapi kami belum tahu. apakah itu nanti akan disetujui oleh pemerintah dan Dewan Perwakilan Rakyat,” ujar Samad. Sebab, tutur dia, pembukaan cabang itu membutuhkan anggaran negara.

Sebelumnya, Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto menyatakan KPK akan membuka kantor cabang di Sumatera pada 2015. Cabang Sumatera akan menjadi uji coba KPK sebelum membuka cabang lainnya.

Apabila berhasil, KPK menargetkan memiliki lima kantor cabang di seluruh Indonesia dalam sepuluh tahun ke depan. Bambang beralasan, pembukaan cabang berfokus pada pencegahan tindak pidana korupsi dan edukasi antikorupsi. (tempo/XYD)