Tips Agar Anak Mau Minum Susu Formula

0
366

Susu formula menjadi pilihan utama bagi ibu yang tidak bisa memberikan ASI atau ingin memberikan tambahan nutrisi bagi bayi mereka. Namun, tidak semua bayi suka dengan rasa susu formula dan seringkali menolak untuk meminumnya. Bagi Anda yang mengalami hal serupa, jangan khawatir. Berikut adalah beberapa tips agar anak mau minum susu formula:

1. Perkenalkan Secara Bertahap

Jangan langsung memberikan susu formula sebagai pengganti ASI secara tiba-tiba. Perkenalkan susu formula secara bertahap dengan mencampurkan sedikit dengan ASI. Setelah itu, perlahan-lahan konsentrasinya bisa ditingkatkan hingga akhirnya bayi Anda terbiasa dengan rasa susu formula.

2. Pilih Jenis Susu Formula yang Tepat

Tidak semua susu formula cocok untuk semua bayi. Pilihlah jenis susu formula yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi bayi Anda. Ada beberapa jenis susu formula seperti susu formula untuk bayi prematur, susu formula untuk bayi yang alergi susu sapi, atau susu formula untuk bayi yang cenderung sembelit.

3. Perhatikan Suhu Susu Formula

Pastikan suhu susu formula tidak terlalu panas atau terlalu dingin. Suhu yang ideal adalah suhu tubuh atau sekitar 37 derajat Celsius. Jika terlalu panas, dapat membakar mulut bayi dan jika terlalu dingin, bayi mungkin akan menolak untuk meminumnya.

4. Gunakan Botol yang Tepat

Pilih botol dengan puting yang sesuai untuk usia bayi Anda. Ada beberapa jenis puting botol seperti puting botol berbentuk payudara atau puting botol yang lebih lebar dan pipih. Selain itu, pastikan juga botolnya mudah digenggam dan mudah dibersihkan.

5. Berikan di Waktu yang Tepat

Berikan susu formula pada waktu yang tepat. Biasanya, bayi akan lebih mudah untuk meminum susu formula saat mereka merasa lapar dan tidak terlalu mengantuk. Namun, pastikan juga untuk tidak memberikan susu formula terlalu sering karena dapat membuat bayi menjadi terlalu kenyang dan mengurangi nafsu makannya.

6. Ciptakan suasana yang Nyaman

Ciptakan suasana yang nyaman saat memberikan susu formula kepada bayi Anda. Dudukkan bayi Anda dengan nyaman dan berikan sentuhan lembut saat memberikan susu formula. Jangan lupa untuk memastikan lingkungan sekitarnya tenang dan tidak terlalu bising.

7. Jangan Memaksakan

Terakhir, jangan memaksakan bayi Anda untuk meminum susu formula jika mereka menolaknya. Cobalah beberapa kali dengan tips yang telah disebutkan di atas, namun jika tetap tidak berhasil maka mungkin ada masalah lain yang perlu diatasi atau konsultasikan dengan dokter anak Anda.

Itulah beberapa tips agar anak mau minum susu formula. Ingatlah bahwa setiap bayi berbeda-beda dan mungkin memerlukan cara yang berbeda untuk bisa terbiasa dengan susu formula. Jangan ragu untuk mencoba berbagai cara dan jangan lupa untuk selalu memperhatikan kesehatan dan kenyamanan bayi Anda.

Pertanyaan yang Sering Diajukan

1. Apakah susu formula aman untuk bayi?

– Ya, susu formula aman untuk bayi jika digunakan sesuai dengan aturan pakai dan dengan jenis susu formula yang tepat.

2. Berapa lama bayi sebaiknya minum susu formula?

– Bayi sebaiknya minum susu formula hingga usia 1 tahun. Setelah itu, bayi sudah dapat diberikan makanan pendamping ASI atau MPASI.

3. Apa yang harus dilakukan jika bayi menolak minum susu formula?

– Cobalah tips-tips yang telah disebutkan di atas. Namun, jika tetap tidak berhasil maka mungkin ada masalah lain yang perlu diatasi atau konsultasikan dengan dokter anak Anda.

4. Apakah susu formula dapat menyebabkan alergi pada bayi?

– Ya, susu formula dapat menyebabkan alergi pada bayi terutama jika bayi memiliki riwayat alergi susu sapi atau alergi makanan lainnya. Pilihlah jenis susu formula yang sesuai dengan kondisi bayi Anda.

5. Apakah susu formula dapat menggantikan ASI?

– Susu formula dapat menggantikan ASI jika ibu tidak bisa memberikan ASI atau jika bayi membutuhkan tambahan nutrisi. Namun, ASI tetap menjadi makanan terbaik bagi bayi.

Related video of Tips Agar Anak Mau Minum Susu Formula