Inilah Tujuan Kenaikan Harga BBM 2014

0
611
Presiden Joko Widodo mengumumkan kenaikan harga BBM/Ant/ANDIKA WAHYU
Presiden Joko Widodo Saat mengumumkan kenaikan harga BBM/Ant/ANDIKA WAHYU
Presiden Joko Widodo mengumumkan kenaikan harga BBM/Ant/ANDIKA WAHYU
Presiden Joko Widodo mengumumkan kenaikan harga BBM/Ant/ANDIKA WAHYU

MBNews, Inilah Tujuan Kenaikan Harga BBM 2014. Fenomena kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM) di awal Pemerintahan Presiden Jokowi (2014-2019) menuai banyak perbincangan, entah yang mendukung program kenaikan harga BBM maupun yang keberatan terhadap kenaikan BBM yang terjadi. Premium dan solar resmi naik saat diumumkan Senin malam (17/11/2014) dan mulai efektif berlaku sejak hari Selasa, 18 November 2014 tepat pukul 00.00 Wib. Dibalik menuai protes maupun dukungan terhadap kenaikan Harga BBM ini, tujuan kenaikan harga BBM dimaksudkan untuk mengalihkan subsidi untuk tujuan yang lebih produktif.

“Contoh program produktif adalah program pendidikan, kesehatan dan perluasan pembangunan infrastruktur, sehingga dapat menyerap tenaga kerja bagi masyarakat,” tulis Saleh melalui keterangan pers di Jakarta, Senin (17/11/2014).

Menurut Saleh, kenaikan BBM ini perlu dilakukan karena selama ini subsidi hanya dinikmati oleh golongan tertentu dan tidak tepat sasaran.

“Pemerintah telah berusaha agar tekanan yang berasal dari kenaikan konsumsi BBM bersubsidi dapat dikelola dan diminimalkan dampaknya bagi masyarakat. Langkah-Iangkah seperti pengendalian BBM bersubsidi dan konversi BBM bersubsidi ke gas telah dan akan terus dilakukan,” paparnya.

Ke depan Pemerintah tetap akan meningkatkan pengawasan konsumsi BBM bersubsidi agar tepat sasaran dan lebih menggalakkan penggunaan BBG serta bahan bakar nabati untuk kendaraan bermotor serta opsi-opsi lainnya untuk mengendalikan konsumsi BBM subsidi.(metrotvnews/XYD)