### Berapa Soal SKD & Pembahasan TWK, TIU, TKP

0
641
Berapa jumlah soal tes SKD?

Pernahkah kamu bermimpi menjadi bagian dari Aparatur Sipil Negara (ASN)? Tentu saja, proses seleksi yang ketat dan kompetitif menjadi tantangan tersendiri bagi para calon ASN. Salah satu tahapan penting dalam seleksi CPNS adalah Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) yang menguji kemampuan dasar calon ASN dalam berbagai aspek. Rasa penasaran dan sedikit cemas mungkin menyelimuti benak calon peserta, terutama mengenai jumlah soal dan jenis-jenis soal yang akan dihadapi.

Seringkali, calon peserta merasa khawatir mengenai tingkat kesulitan soal SKD dan waktu yang tersedia untuk menyelesaikannya. Ketidakpastian mengenai jumlah soal dan bentuk soal SKD dapat memicu stres dan kekhawatiran yang berlebih. Persiapan yang matang dan pemahaman yang jelas mengenai struktur tes SKD tentu akan membantu calon peserta menghadapi tes dengan lebih tenang dan percaya diri.

Nah, untuk menjawab rasa penasaranmu, tes SKD CPNS umumnya terdiri dari 110 soal yang terbagi dalam tiga kelompok besar, yaitu Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP). TWK berjumlah 30 soal, TIU berjumlah 35 soal, dan TKP berjumlah 45 soal. Setiap kelompok soal menguji aspek kemampuan yang berbeda-beda, mulai dari pengetahuan tentang nasionalisme, kemampuan verbal dan numerik, hingga karakteristik pribadi yang dibutuhkan seorang ASN.

Jadi, bagi kamu yang bercita-cita menjadi ASN, persiapkan dirimu dengan baik untuk menghadapi tes SKD. Pahami jenis-jenis soal, pelajari materi yang relevan, dan latih kemampuanmu dalam mengerjakan soal-soal serupa. Dengan persiapan yang matang dan keyakinan diri, kamu pasti bisa melewati tahapan SKD dengan sukses dan selangkah lebih dekat menuju impianmu menjadi abdi negara.

Berapa jumlah soal tes SKD? Pengantar


Ilustrasi tes SKD CPNS

Saya ingat betul betapa deg-degannya saat pertama kali mengikuti tes CPNS. Salah satu hal yang paling membuat saya penasaran adalah berapa jumlah soal tes SKD. Setelah mencari informasi dan bertanya kepada teman-teman, akhirnya saya mengetahui bahwa tes SKD terdiri dari 110 soal yang terbagi menjadi tiga kelompok: Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

Berapa jumlah soal tes SKD? Rincian Soal


Ilustrasi soal SKD CPNS

Dari 110 soal tersebut, 30 soal merupakan TWK, 35 soal TIU, dan 45 soal TKP. Masing-masing kelompok soal memiliki bobot nilai yang berbeda. TWK dan TIU memiliki bobot nilai benar 5 dan salah 0, sedangkan TKP memiliki bobot nilai 1-5 tergantung pada jawaban yang dipilih.

Berapa jumlah soal tes SKD? Alokasi Waktu


Ilustrasi waktu tes SKD

Waktu yang diberikan untuk mengerjakan seluruh soal tes SKD adalah 100 menit. Meskipun terdengar cukup lama, namun dengan jumlah soal yang banyak, manajemen waktu menjadi sangat penting. Saya menyarankan untuk berlatih mengerjakan soal-soal SKD dengan batasan waktu agar terbiasa dengan tekanan saat tes yang sesungguhnya.

Berapa jumlah soal tes SKD? Persiapan TWK


Ilustrasi TWK SKD CPNS

Untuk mempersiapkan TWK, saya banyak membaca materi tentang Pancasila, UUD 1945, sejarah Indonesia, dan wawasan kebangsaan lainnya. Saya juga mengikuti beberapa kelompok belajar online untuk berdiskusi dan mendapatkan insight dari orang lain.

Berapa jumlah soal tes SKD? Persiapan TIU


Ilustrasi TIU SKD CPNS

Persiapan TIU saya fokuskan pada latihan soal-soal logika, verbal, numerik, dan figural. Saya menggunakan berbagai sumber, seperti buku latihan soal, aplikasi, dan website penyedia soal-soal TIU.

Berapa jumlah soal tes SKD? Persiapan TKP


Ilustrasi TKP SKD CPNS

Untuk TKP, saya mencoba memahami karakteristik kepribadian yang dibutuhkan oleh seorang PNS. Saya berlatih menjawab soal-soal TKP dengan memilih jawaban yang paling mencerminkan integritas, profesionalisme, dan pelayanan publik.

Berapa jumlah soal tes SKD? Nilai Ambang Batas


Ilustrasi nilai ambang batas SKD

Penting untuk diingat bahwa selain jumlah soal tes SKD, ada juga nilai ambang batas yang harus dicapai untuk lolos ke tahap selanjutnya. Nilai ambang batas ini berbeda-beda setiap tahun dan tergantung pada formasi yang dilamar.

Berapa jumlah soal tes SKD? Tips dan Trik


Ilustrasi tips dan trik tes SKD

Beberapa tips dan trik yang saya gunakan saat mengerjakan tes SKD adalah: membaca soal dengan teliti, mengatur waktu dengan baik, menjawab soal yang mudah terlebih dahulu, dan tidak menghabiskan terlalu banyak waktu untuk satu soal.

Berapa jumlah soal tes SKD? Kesimpulan


Ilustrasi tes SKD CPNS

Dengan mengetahui berapa jumlah soal tes SKD dan mempersiapkan diri sebaik mungkin, peluang untuk lolos ke tahap selanjutnya akan semakin besar. Tetap semangat dan semoga sukses!

.