Inilah Rekomendasi 5 Tempat Sarapan Nikmat Di Yogyakarta, Wajib Coba !

0
206
Rekomendasi 5 Tempat Sarapan Nikmat Di Yogyakarta
Rekomendasi 5 Tempat Sarapan Nikmat Di Yogyakarta. Photo: 2jogja.com
Rekomendasi 5 Tempat Sarapan Nikmat Di Yogyakarta
Rekomendasi 5 Tempat Sarapan Nikmat Di Yogyakarta. Photo: 2jogja.com

Jogja, banyak julukan yang menggambarkan bagaimana daerah Jogja ini, dari mulai kota pelajar, kota seni budaya, kota pariwisata, kota keraton hingga kota kuliner. Tidak bisa dipungkiri memang, jika sekali saja ke Jogja, rasanya ingin kembali lagi untuk berkunjung ke daerah jogja yang terkenal salah satu kulinernya yaitu gudeg.

Yogyakarta – Kla Project

Di persimpangan langkahku terhenti
Ramai kaki lima
Menjajakan sajian khas berselera
Orang duduk bersila
Musisi jalanan mulai beraksi
Seiring laraku kehilanganmu
Merintih sendiri
Ditelan deru kotamu …

Ditambah dengan backsong Yogyakarta-nya KLA Project menambah rasa ingin untuk kembali berkunjung ke Daerah Istimewa Yogyakarta. Kangen dengan riuh suasana keramaiannya, keramahannya, wisata dan tentunya tak lupa untuk mencicipi banyak macam kuliner yang tersedia di sana.

Sebagai kota yang kaya akan berbagai macam kuliner nya, rasanya rugi sekali jika yang berkunjung ke Jogja tidak mencoba untuk menikmati semua kuliner khas kota gudeg ini. Misalnya kalian merasa bosan dengan sarapan yang disajikan pihak hotel ? Bisa langsung saja untuk keluyuran sendiri hunting kuliner yang sangat beragam di sini. Berikut saya coba rekomendasi 5 tempat cari jajanan kuliner yang bisa anda kunjungi saat berlibur ke Jogja.

1Warung Kopi Klothok Pakem

Ingin mencoba sensasi sarapan di tengah sawah dengan pemandangan Gunung Merapi? Datanglah ke warung kopi Klothok Pakem, dengan suasana sejuk khas lereng gunung, warung kopi Klothok siap memanjakan lidah anda dengan berbagai menu makanan rumahan. Lauk andalan di tempat ini adalah telor krispi, yakni telor yang digoreng dengan minyak yang banyak, sehingga membuat tekstur telornya menjadi lebar, gurih dan kriuk-kriuk! Sesuai namanya, kopi klothok merupakan minuman andalan dari warung ini. Kopi Klothok merupakan kopi yang disajikan secara tradisional dan memiliki rasa pahit yang lebih kuat dari kopi biasanya. Para pengunjung biasa menikmati kopi ini dengan pisang goreng hangat. Interior dari warung ini pun di desain layaknya rumah di pedesaan, dapurnya menggunakan konsep open kitchen, sehingga anda bisa melihat proses pemasakan lauk pauk secara langsung.

Alamat : Jl. Kaliurang km. 16, Pakembinangun, Pakem, Sleman

Harga : Rp 1.000 – Rp 11.500

2Warung Brongkos Handayani

Warung makan ini terletak di kawasan alun-alun Kidul Jogja, dan sudah mulai buka sejak pukul 06.30 pagi. Warung Brongkos Handayani sudah tidak asing lagi dikalangan para warga Jogja yang gemar berburu kuliner pagi, dan warung yang sudah ada sejak tahun 1975 ini tidak pernah sepi pengunjung loh! Menu primadona dari warung ini adalah brongkos, brongkos sendiri merupakan makanan yang agak mirip dengan rawon, perbedaan nya, terdapat pada kuahnya. Jika rawon memiliki tekstur kuah yang encer, brongkos menggunakan tambahan santan, sehingga kuahnya terasa lebih kental kecoklatan, serta diberikan tambahan berupa koyor atau tetelan sapi. Untuk dapat menikmati satu piring nasi brongkos koyor, kalian cukup mengeluarkan uang Rp 22.000. Saran sih, kalian bisa berkunjung ke tempat ini di pagi hari, karena jika sudah menjelang siang, warung ini akan sangat penuh oleh para pelanggan setia brongkos buatan Bu Handayani.

Alamat : JL Gading No. 2, Selatan Alun-alun Kidul Keraton, Patehan, Kraton

Harga : Rp 22.000

3Bubur Ayam Syarifah

Kalau kalian bukan type yang terlalu suka makanan berat seperti nasi, mungkin bisa coba kuliner bubur nih ! Tempat sarapan bubur di Jogja yang terkenal akan kelezatan rasanya, tentu saja Bubur Ayam Syarifah. Porsinya cukup banyak dan lengkap, semangkok bubur ayam ini dilengkapi dengan suwiran ayam, potongan cakue, kacang kedelai, daun seledri, serta kerupuk. Uniknya, kuah bubur disediakan terpisah, sehingga anda bisa menuangkannya sesuai selera. Bubur Ayam Syarifah juga menyediakan lauk pauk pendamping seperti gorengan, dan aneka sate untuk makin menambah selera makan di sini. Bahkan, bubur ayam syarifah sudah membuka banyak cabang, seperti di Galeria Mall, Jakal 7, dan Samirono. Jika ingin mencicipi sarapan bubur ini, datanglah saat pagi, karena biasanya saat pukul 09.00, menu bubur ayam ini sudah habis diburu pelanggan.

Alamat : Jl. Colombo No.30, Caturtunggal, Depok, Sleman

Harga : Rp9.000

4Warung Pecel Pincuk Gumilang

Mengawali pagi dengan sarapan nasi pecel sudah menjadi budaya orang Jawa, dan di kota Jogja sendiri, terdapat satu warung pecel yang terkenal lezat, yaitu warung pecel Pincuk Gumilang. Beda dengan pecel Madiun yang cenderung memiliki rasa gurih pedas, pecel di warung ini menjadi tempat favorit para penikmat pecel karena rasanya yang sesuai dengan lidah masyarakat Jogja, yang cenderung menyukai cita rasa manis. Satu porsi pecel Pincuk Gumilang, disajikan dalam anyaman rotan dan diberi daun pisang. Isian nya berupa nasi dan aneka sayuran seperti daun papaya, daun singkong, tauge dan potong menitimun, lalu diatasnya disiram oleh sambal kacang yang gurih. Sebagai lauk pelengkap, kalian juga bisa menambahkan empal, telor ceplok, ayam goreng, tahu bacem atau tempe goreng.Dan jangan lupa untuk menambahkan rempeyek kacang sebagai pengganti krupuk.

Alamat : Jl. Laksda Adisucipto No.31, Caturtunggal, Depok, Sleman, DIY 55281

Harga : Rp 10.000

5Soto Ayam Kampung Pak Dalbe

Nah, kalau kalian termasuk salah satu penggemar soto? Maka, harus nih makan ke tempat yang satu ini. Soto ayam Pak Dalbe ini, merupakan salah satu soto legendaris kota Jogja. Berbeda dengan soto-soto lainnya, sesuai namanya, soto segar dan lezat ini, menggunakan ayam kampung sebagai menu utamanya. Ayam kampung yang terkenal alot pun tidak akan anda temukan di tempat ini, warung soto ini memiliki teknik tersendiri dalam mengolah ayam kampung, yaitu dengan cara direbus dan diberi bumbu selama semalam, sehingga memberikan tekstur yang empuk dan bumbunya merasuk ke dalam daging. Warung soto Ayam pak Dalbe bahkan sudah memiliki tiga cabang, yakni di jalan Magelang, seturan dan Gejayan. Dan meskipun tempat warung soto ayam ini tidak terlalu luas, tetapi selalu ramai dikunjungi oleh para pelanggan, bahkan sejak pagi hari.

Alamat : Jl. Jenderal Sudirman, Terban, Gondokusuman

Harga : Rp 10.000

Nah, gimana dari 5 rekomendasi tempat makan di Jogja ? Enak, menggugah selera dan hemat kan ? Yang jelas, kalau sudah di Jogja, kalau untuk mencari kuliner banyak sekali tempat rekomendasi yang bisa dicoba. Di Jogja pun kalau untuk mencari tempat penginapan atau hotel sudah gak perlu pusing lagi, misal kalian mau mencari hotel termurah di Jogja, kalian tinggal booking hotel murah di Jogja melalui situs booking online terpecaya reservasi.com. Selamat berlibur!