Inilah Jalur Daerah Indonesia Yang Dilintasi Gerhana Matahari Total 6 Maret 2016

0
236
Ilustrasi Gerhana Matahari Total
Ilustrasi Gerhana Matahari Total
Ilustrasi Gerhana Matahari Total
Ilustrasi Gerhana Matahari Total

merahbirunews.com, Inilah Jalur Daerah Indonesia Yang DIlintasi Gerhana Matahari Total 6 Maret 2016. Gerhana matahari merupakan peristiwa alam langka yang terjadi di berbagai belahan dunia, khususnya di Indonesia. Di Indonesia sendiri merupakan negara satu satunya yang dilintasi fenomena alam gerhana matahari total 6 Maret 2016 mendatang. Ada 10 provinsi yang dilintasi oleh gerhana matahari total ini, yaitu mulai dari Bengkulu, Sumatera Selatan, Babel, Kalbar, Kalteng, Kalsel, Kaltim, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah dan Maluku Utara. Indonesia menjadi daerah tujuan wisata untuk menyaksikan gerhana matahari total 6 maret 2016.

Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Thomas Djamaluddin mengatakan Gerhana Matahari Total terjadi ketika piringan bulan menutupi seluruh piringan matahari. Saat itu matahari terlihat gelap total karena pancaran cahaya ke bumi terhalang oleh bulan.

Menurut Thomas, Gerhana Matahari Total menjadi istimewa karena atmosfer matahari atau korona  yang berwarna indah itu bisa dilihat dengan mata langsung, selama menggunakan kacamata pelindung ultraviolet. Sebab bila bukan saat gerhana, korona itu tidak bisa dilihat.

Inilah Jalur Daerah Indonesia Yang DIlintasi Gerhana Matahari Total 6 Maret 2016
Inilah Jalur Daerah Indonesia Yang DIlintasi Gerhana Matahari Total 6 Maret 2016

“Pada saat matahari tertutup, korona atau mahkota matahari bisa terlihat dengan indah. Kalau hari-hari biasa nggak bisa dilihat karena kalah oleh cahaya matahari yang terang. Warnanya indah sekali, merah, hijau, kuning gitu,” jelas Thomas.

“Gerhana matahari tidak memancarkan radiasi yang berbeda dari pada radiasi yang ada pada matahari. Gerhana matahari total itu radiasi matahari tertutup oleh bulan tidak berbahaya sama sekali,” tambahnya.(detik)