IMG_1858
Merahbirunews.com, Tarakan – Bagi masyarakat Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara, cemilan amplang sudah tidak asing lagi. Berbahan dasar ikan, rasa gurih dan asin di mulut tidak dapat dilupakan oleh lidah kita. Berawal dari keluarganya yang suka makan Amplang membuat Syahdan mendapatkan ide untuk menjual amplang dengan branding unik dan variasi rasa yang berbeda.

“Awalnya memang keluarga suka sekali makan amplang, jadi ketika itu mama saya mencoba-coba buat amplang dirumah, karena saya lihat ada potensi cemilan ini dipasarkan, saya coba dan akhirnya responnya cukup baik apalagi saya bisa ciptakan branding sendiri,” Ujar Syahdan yang merupakan warga RT 1 Kelurahan Juata Laut tersebut

Untuk produksinya Amplangnya, Syahdan melakukannya setiap minggu dengan bahan baku didapatkan dari tetangga yang rata-rata berprofesi sebagai nelayan dan petambak “Bahan baku yakni ikan bandeng dan tepung, sangat mudah didapat, selain itu saya juga berdayakan tetangga sekitar untuk membuat produk ini,” Ucapnya

IMG_1855

Kenapa namanya Amplang Mamaku? Karena Aplang ini dibuat oleh mamanya, maka disebutlah Mamaku. Untuk desain produknya, Syahdan membuat sendiri karena memang memilki kemampuan untuk desain grafis.

“Jadi untuk cetakan kemasan tidak ada disini tapi dari Surabaya, memang untuk disini (Tarakan) belum ada masih kurang dalam hal cetakan produk,” Lanjut pria kelahiran tahun 1992 ini.

Untuk pasar dari Amplang Mamaku dengan lugas Syahdan mengatakan untuk mereka yang suka cemilan khususnya generasi muda. Saat ditanya omzet yang didapat perbulan Syahdan masih enggan menjawab dan hanya memberikan perkiraan Jutaan rupiah perbulannya.

IMG_1854

Saat ini pasar amplang dengan tagline “Oleh-Oleh Khas Tarakan” ini tidak hanya beredar di Tarakan namun juga tembus ke pasar Kaltim diantaranya Balikpapan dan Samarinda. Selain itu Syahdan mengaku sudah mengirimkan pesanan untuk pasar di pulau Jawa salah satunya Surabaya.

Kedepannya Syahdan menargetkan memiliki register dari Kementrian Kesehatan dan label Halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) agar produknya lebih terpercaya untuk kualitas Aplang Mamaku.

“Saya juga berpesan kepada pengusaha-pengusaha lainnya di Tarakan untuk lebih termotivasi mengembangkan usahanya, yang terpenting dicoba dulu, urusan gagal atau tidaknya itu belakangan,” Tegasnya

IMG_1857

Aplang Mamaku “Oleh-Oleh Khas Tarakan”

Varian : Original IDR 13k, UGD (Pedas Bah) IDR 15k, ICU (Pedas Terlalu) IDR 17k. Info pemesanan merahbirunews.com Kontak Telp/WA : 08115411362 BBM : 5A23F575