Akhirnya, Presiden Jokowi Lantik Ahok Jadi Gubernur DKI Jakarta

0
272
Jokowi Ahok (Antara)
Jokowi Ahok (Antara)

MBNews, Akhirnya, Presiden Jokowi Lantik Ahok Jadi Gubernur DKI Jakarta. Pelaksana tugas (Plt) Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok akhirnya hari ini dilantik oleh Presiden Jokowi di Istana Negara, Rabu (19/11/2014). Ahok dilantik menjadi Gubernur pengganti gubernur sebelumnya yaitu Jokowi yang telah terpilih menjadi Presiden Indonesia sekitar pukul 14.oo WIB. Pelantikan ahok menjadi Gubernur DKI Jakarta tersebut mengacu pada Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pemilihan Kepala Daerah

Menurut Tjahjo, gubernur dilantik oleh presiden di ibu kota negara. Jika presiden berhalangan, akan diwakilkan kepada wakil presiden. Apabila wapres tidak bisa menghadiri, pelantikan diwakilkan kepada Mendagri.

“Tapi kami dalam rapat kabinet kemarin melaporkan, kalau bisa yang melantik seluruh gubernur nanti presiden,” ujar Tjahjo.

Meski begitu, selain banjir dukungan terhadap pelantikan Ahok menjadi orang nomor satu di DKI Jakarta tersebut, ternyata juga banyak pihak yang menolak. Seperti FPI ataupun sejumlah fraksi di DPRD DKI Jakarta yang tergabung dalam Koalisi Merah Putih (KMP) akan mengajukan surat penangguhan pelantikan Ahok kepada Jokowi.(liputan6/XYD)