Tips Membuat Dan Mempercantik Nasi Tumpeng

0
308

Tips Membuat Dan Mempercantik Nasi TumpengSource: bing.com

Nasi tumpeng adalah makanan khas Indonesia yang biasanya disajikan pada acara-acara tertentu seperti ulang tahun, pernikahan atau acara lainnya. Nasi tumpeng terdiri dari nasi kuning yang di bentuk seperti gunung yang dihiasi dengan lauk-pauk di sekitarnya. Agar nasi tumpeng terlihat menarik, ada beberapa tips yang dapat diterapkan untuk membuat dan mempercantik nasi tumpeng.

Pilih Nasi Yang Tepat

Nasi adalah bahan utama dalam membuat nasi tumpeng. Pilihlah nasi yang berkualitas bagus dan berkualitas baik serta memiliki kandungan air yang sedikit. Hal ini agar nasi tidak terlalu lembek dan dapat membentuk gunung nasi yang kokoh. Selain itu, tambahkan kunyit atau saffron untuk memberikan warna kuning pada nasi.

Selain itu, sebaiknya nasi dibuat beberapa jam sebelumnya agar nasi menjadi lebih kering dan mudah untuk dibentuk. Setelah nasi matang, biarkan dingin terlebih dahulu agar nasi tidak menjadi lengket saat di bentuk dan dihias.

Pilih Lauk-Pauk Yang Menarik

Lauk-pauk merupakan pelengkap dari nasi tumpeng yang dapat mempercantik tampilan nasi tumpeng. Pilihlah lauk-pauk yang beraneka ragam warna dan tekstur, misalnya ayam goreng, telur, tempe goreng, tahu goreng dan lain-lain. Selain itu, potonglah lauk-pauk tersebut dengan bentuk yang unik seperti bunga atau segitiga agar menambah estetika nasi tumpeng.

Selain itu, dapat juga ditambahkan sayuran seperti wortel, kacang panjang, kacang polong atau buncis sebagai tambahan warna yang menarik pada nasi tumpeng.

Hias Nasi Tumpeng Sesuai Tema

Nasi tumpeng dapat dihias sesuai tema acara yang sedang diadakan. Misalnya, jika tema acara adalah kebun binatang, maka dapat menambahkan hiasan binatang seperti jerapah atau gajah yang terbuat dari wortel atau mentimun. Selain itu, dapat juga menambahkan bunga-bunga segar atau buah-buahan sebagai hiasan nasi tumpeng.

Selain itu, nasi tumpeng dapat dihias dengan membuat pola yang menarik dengan lauk-pauk atau sayuran. Misalnya, membuat pola bintang atau bulan dengan lauk-pauk ayam goreng dan kerupuk atau membuat pola bunga dengan wortel dan kacang polong.

Penyajian Nasi Tumpeng

Penyajian nasi tumpeng sangat penting agar terlihat menarik dan mengundang selera. Nasi tumpeng dapat disajikan di atas piring besar atau nampan yang dihiasi dengan daun pisang atau daun pandan. Selain itu, tambahkan juga hiasan seperti bunga, buah-buahan atau hiasan lainnya agar terlihat lebih menarik.

Untuk memeriahkan suasana, dapat juga menambahkan ornamen seperti lilin atau bunga di sekitar nasi tumpeng. Sebelum disajikan, pastikan nasi tumpeng telah dihias dengan rapi dan terlihat menarik agar semua tamu terkesan dengan tampilan nasi tumpeng.

Kesimpulan

Itulah beberapa tips yang dapat diterapkan untuk membuat dan mempercantik nasi tumpeng. Dengan menerapkan tips-tips tersebut, diharapkan nasi tumpeng yang disajikan menjadi lebih menarik dan mengundang selera. Selamat mencoba!

Frequently ask and question:

1. Apakah nasi tumpeng hanya dapat disajikan pada acara-acara tertentu saja?

Jawab: Tidak, nasi tumpeng dapat disajikan pada acara apapun sesuai dengan selera dan tema yang diinginkan.

2. Apa saja bahan yang dibutuhkan untuk membuat nasi tumpeng?

Jawab: Bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain nasi, kunyit atau saffron, lauk-pauk seperti ayam goreng, telur, tempe goreng, tahu goreng, sayuran seperti wortel, kacang panjang, kacang polong atau buncis, dan hiasan seperti bunga atau buah-buahan.

3. Apakah nasi tumpeng dapat disimpan dalam waktu yang lama?

Jawab: Tidak disarankan untuk menyimpan nasi tumpeng terlalu lama karena dapat mengakibatkan nasi menjadi basi dan tidak enak untuk dikonsumsi. Sebaiknya nasi tumpeng disajikan dalam waktu 2-3 jam setelah dibuat.

4. Apakah nasi tumpeng dapat dihidangkan dengan saus?

Jawab: Ya, nasi tumpeng dapat dihidangkan dengan saus sambal atau kecap sebagai pelengkap.

5. Apakah nasi tumpeng hanya dapat dibuat dengan bentuk gunung saja?

Jawab: Tidak, nasi tumpeng dapat dibentuk sesuai dengan selera dan tema acara yang diinginkan.

Related video of Tips Membuat Dan Mempercantik Nasi Tumpeng