Tips Agar Keripik Singkong Balado Tidak Melempem

0
746

Keripik Singkong BaladoSource: bing.com

Keripik singkong balado merupakan salah satu camilan yang populer di Indonesia. Keripik singkong balado yang renyah dan pedas menjadi pilihan yang tepat untuk menemani waktu santai bersama keluarga atau teman-teman. Namun, seringkali keripik singkong balado yang kita buat atau beli tidak tahan lama dan cepat melempem. Berikut ini adalah beberapa tips agar keripik singkong balado tidak melempem dan tetap renyah.

Pilih Singkong yang Tepat

Pemilihan singkong yang tepat merupakan langkah awal untuk membuat keripik singkong balado yang renyah. Pilihlah singkong yang berkulit halus dan tidak berair. Singkong yang berkulit kasar dan berair akan membuat keripik mudah melempem.

Selain itu, pilih singkong yang masih segar dan tidak terlalu tua. Singkong yang terlalu tua akan membuat keripik mudah melempem dan tidak renyah.

Potong Tipis dan Sama Tebal

Setelah memilih singkong yang tepat, langkah selanjutnya adalah memotong singkong dengan tipis dan sama tebal. Potongan singkong yang tipis akan membuat keripik lebih renyah dan cepat matang.

Untuk memotong singkong dengan tipis dan sama tebal, Anda dapat menggunakan pisau yang tajam atau mandoline. Pastikan setiap potongan memiliki ketebalan yang sama agar keripik matang secara merata.

Rendam Dalam Air Garam

Rendam singkong dalam air garam selama 30 menit sebelum digoreng. Air garam akan membantu menghilangkan kelembaban pada singkong dan membuat keripik lebih renyah.

Setelah direndam dalam air garam, tiriskan singkong dan keringkan dengan menggunakan kain atau tisu dapur. Pastikan singkong benar-benar kering sebelum digoreng agar tidak melempem.

Goreng Dalam Minyak Panas

Goreng singkong dalam minyak panas dengan suhu 170-180 derajat Celsius. Pastikan minyak sudah cukup panas sebelum memasukkan singkong agar keripik cepat matang dan renyah.

Goreng singkong dalam jumlah sedikit agar tidak menumpuk dan matang secara merata. Setelah matang, angkat dan tiriskan keripik dari minyak. Biarkan keripik dingin sebelum disimpan dalam wadah kedap udara agar tetap renyah.

Conclusion

Itulah beberapa tips agar keripik singkong balado tidak melempem dan tetap renyah. Dengan memilih singkong yang tepat, memotong dengan tipis dan sama tebal, merendam dalam air garam, dan menggoreng dalam minyak panas, keripik singkong balado yang renyah dan pedas siap dinikmati bersama keluarga atau teman-teman.

Pertanyaan yang Sering Diajukan

1. Apakah bisa menggunakan singkong yang sudah dikupas?

Bisa, namun pastikan singkong yang sudah dikupas tidak terlalu lama disimpan di dalam kulkas agar tidak kehilangan kelembabannya.

2. Berapa lama keripik bisa disimpan?

Keripik bisa disimpan dalam wadah kedap udara selama 1-2 minggu.

3. Apakah bisa menggunakan minyak goreng yang sudah dipakai sebelumnya?

Tidak disarankan karena minyak goreng yang sudah dipakai sebelumnya mengandung kolesterol dan dapat mempengaruhi rasa keripik.

4. Apakah bisa menambahkan bahan lain seperti bawang putih atau daun jeruk pada keripik?

Bisa, namun pastikan bahan tambahan tersebut sudah dihaluskan dan dicampur dengan baik pada singkong sebelum digoreng.

5. Apa yang harus dilakukan jika keripik sudah melempem?

Anda dapat memanggang kembali keripik dalam oven selama 10-15 menit pada suhu 150 derajat Celsius atau menggoreng kembali dengan minyak panas.

Related video of Tips Agar Keripik Singkong Balado Tidak Melempem