Tips Agar Kue Lapis Tidak Cepat Basi

0
924

Tips Agar Kue Lapis Tidak Cepat BasiSource: bing.com

Siapa yang tidak suka dengan kue lapis? Kue tradisional Indonesia ini memang menjadi favorit banyak orang, baik untuk disajikan di acara formal maupun informal. Namun, seringkali kue lapis mudah basi dan membuat rasanya tidak enak lagi. Untuk itu, kali ini kita akan berbagi tips agar kue lapis tidak cepat basi. Simak ya!

Pilih Bahan-bahan yang Berkualitas

Hal pertama yang perlu diperhatikan jika ingin membuat kue lapis yang awet adalah memilih bahan-bahan yang berkualitas. Pastikan tepung ketan dan santan yang digunakan segar dan tidak terlalu lama disimpan di dalam kulkas. Selain itu, pastikan juga telur yang digunakan segar dan bersih dari kotoran atau retakan. Dengan menggunakan bahan-bahan yang berkualitas, kue lapis akan lebih awet dan tahan lama.

Selain itu, pastikan juga menggunakan pewarna makanan yang halal dan tidak berbahaya. Jangan menggunakan pewarna yang sudah kadaluarsa atau tidak jelas asal-usulnya. Hal ini karena pewarna yang tidak baik dapat mempengaruhi kualitas dan rasa kue lapis.

Panaskan Loyang dengan Benar

Sebelum menuangkan adonan ke dalam loyang, pastikan loyang sudah dipanaskan terlebih dahulu. Panaskan loyang dengan api kecil selama 10-15 menit. Hal ini akan membantu adonan kue lapis agar matang secara merata dan tidak mudah basi.

Gunakan Wadah yang Bersih dan Kering

Pastikan wadah yang digunakan untuk menyimpan kue lapis bersih dan kering. Jangan menggunakan wadah yang masih basah atau lembap karena hal ini dapat menyebabkan kue lapis cepat basi. Selain itu, pastikan juga wadah yang digunakan tertutup rapat agar kue lapis tidak terkena udara.

Simpan di Tempat yang Tepat

Tempat penyimpanan juga mempengaruhi keawetan kue lapis. Simpan kue lapis di tempat yang sejuk dan kering, seperti di dalam kulkas atau lemari es. Hindari menyimpan kue lapis di tempat yang lembap atau terkena sinar matahari langsung karena hal ini dapat mempercepat proses pembusukan.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, dijamin kue lapis Anda akan lebih awet dan tahan lama. Selamat mencoba!

Sering Ditanyakan

1. Apa penyebab kue lapis cepat basi?

Ada beberapa faktor yang menyebabkan kue lapis cepat basi, seperti penggunaan bahan-bahan yang tidak segar, loyang yang tidak dipanaskan dengan baik, dan wadah penyimpanan yang tidak bersih dan kering.

2. Berapa lama kue lapis bisa bertahan?

Kue lapis bisa bertahan selama 2-3 hari jika disimpan di dalam kulkas atau lemari es. Namun, pastikan kue lapis disimpan di tempat yang sejuk dan kering agar tidak cepat basi.

3. Apakah pewarna makanan berpengaruh pada keawetan kue lapis?

Ya, pewarna makanan yang tidak berkualitas atau sudah kadaluarsa dapat mempengaruhi kualitas dan keawetan kue lapis.

4. Apakah kue lapis bisa disimpan di suhu ruangan?

Kue lapis sebaiknya disimpan di dalam kulkas atau lemari es agar lebih awet dan tahan lama.

5. Apakah cara penyimpanan kue lapis berbeda-beda tergantung jenisnya?

Ya, cara penyimpanan kue lapis berbeda-beda tergantung pada jenisnya. Beberapa jenis kue lapis bisa disimpan di suhu ruangan, sementara yang lain harus disimpan di dalam kulkas atau lemari es.

Related video of Tips Agar Kue Lapis Tidak Cepat Basi